Galakkan Tanaman Jagung

Warga Desa Gedung Agung, Kecamatan Pino, saat ini sedang giat-giatnya menanam jagung di kawasan Ataran Pulau, Sungai Air Ndelengau. Bahkan jagung yang mereka tanam sudah beberapa kali dipanen.

Kepala Desa Gedung Agung, Mitran, mengungkapkan, aktivitas menanam jagung ini sudah hampir setahun ditekuni sekitar 30 KK warga di desanya. Jagung itu ditanam di lahan seluas sekitar 30 hektar. Lahan itu sebelumnya merupakan lahan tandus yang tidak bisa ditanam padi sawah.

“Tanaman jagung itu saat ini mampu menghasilkan 7-8 ton biji jagung perhektarnye. Ditambah lagi harganyapun tinggi yakni Rp 2.600/kg. Sehingga per hektarnya mampu menghasilkan uang Rp18 juta – Rp 20 juta,” ujar Mitran.

Tentu saja, tanaman jagung ini, katanya, dapat meningkatkan perekonomian warga. Ditambah lagi setiap tahunnya warga dapat menanam jagung dengan 3 kali panen. “Alhamdulillah hasil panen jagung selalu normal dan setiap tahunya dapat 3 kali panen ditambah lagi harganya cukup tingggi sehingga dapat mengangkat perekonomian petani jagung,” demikian Mitran.(369)