Galakkan Pramuka

sudaryoUnsur yang ada di dalam pendidikan kepemudaan salah satunya gerakan Pramuka. Dalam UU No. 12 tahun 2010, gerakan Pramuka disebutkan sebagai organisasi yang dibentuk untuk menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan. Mempersiapkan anggotanya untuk mempunyai karakter bangsa sesuai dengan dasa darma dan tri satya.
Menurut Sudaryo pembina pramuka di SD Negeri 5 Pondok Kelapa, tujuan dari gerakan pramuka membentuk insan pramuka, agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa.
“Anggota pramuka juga diminta mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup,” kata Sudaryo.
Sejalan fokus dengan pendidikan karakter yang menjadi program utama setiap sekolah. SD Negeri 5 Pondok Kelapa juga mendidik siswanya melalui kegiatan Pramuka. Dengan pramuka bisa membentuk siswa yang lebih berkarakter.
Melalui Pramuka, setiap anggota diminta mempergunakan 10 pilar pramuka yang menjadi kode kehormatan. Kode kehormatan mempunyai makna suatu norma  kesadaran mengenai akhlak.
“Sepuluh pilar dimaksud itu diantaranya, takwa kepada tuhan YME, cinta alam, patriot, patuh, rajin, hemat, disiplin dan bertanggungjawab,” ucapnya.
Ia menambahkan, proses pendidikan kepramukaan bertujuan membentuk peserta didik agar berjiwa merdeka, disiplin dan mandiri dalam hubungan timbal balik antar manusia. Hal itu selalu terimplimentasi dalam kegiatan pramuka mulai tingkatan anggota siaga hingga dewasa. Dengan cara atau pola yang dipergunakan disesuaikan dengan usia peserta didik dan menanamkan karakter.
“Kita harus terus menggalakan kegiatan pramuka ini,” pungkasnya. (111)