Galakkan Perpus Desa dan Keliling

PERPUS KELILING Tampak para siswa SD di Kecamatan Kaur Selatan saat menyerbu Perpus Keliling untuk meminjam buku bacaan, Kamis (197
IRUL/Bengkulu Ekspress
PERPUS KELILING: Tampak para siswa SD di Kecamatan Kaur Selatan saat menyerbu Perpus Keliling untuk meminjam buku bacaan, Kamis (19/7).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Kaur menyatakan jika minat baca masyarakat masih belum memuaskan. Salah satu upaya untuk menggalakkan minat baca masyarakat Kaur ini, pihak Perpusda Kaur meningkatan layanan Perpustakaan desa dan keliling.

“Perpustakaan desa dan keliling adalah salah satu prioritas yang akan ditingkatkan layanannya. Hal ini disebabkan masih kurangnya akses masyarakat dalam mendapatkan referensi bacaan,” kata Kepala Perpusda Kaur Asmawan S Sos, kemarin (19/7).

Dikatakannya, program perpustakaan keliling dan mengembangkan perpustakaan Desa dinilai sebagai salah satu upaya efektif dalam meningkatkan minat baca. Sebab dengan terbatasnya judul buku sering menjadi kendala sekolah dalam meningkatkan minat baca dan itu akan ditopang dengan program perpustakaan keliling. Karena kehadiran perpustakaan keliling akan melengkapi kendala terbatasnya judul buku bagi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswanya.

“Perpustakaan keliling, sudah memiliki jadwal tetap setiap hari bagi sekolah-sekolah yang ada, dan kita turun terus tiap hari ke sekolah- sekolah. Bukan hanya SD, tapi juga SMP dan SMA sederajat,” terangnya.

Lanjutnya, saat ini sarana dan prasarana telah lengkap untuk melayani masyarakat. Namun Perpusda akan terus berupaya dalam meningkatkan minat baca. Sebab ia mengakui jika minat baca warga Kaur masih kurang. Namun kedepan pihaknya tetap mengalakan minat baca masyarakat Kaur ini.“Kita akan terus berupaya agar bisa meningkatkan minat baca warga Kaur ini terutama siswa, salah satu upaya adalah menjemput di sekolah dengan menyiapkan perpustakaan keliling,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk meningkatkan minat baca Perpustakaan akan menambah mobil perpustakaan keliling, agar bisa menjangkau setiap daerah yang ada. Sebab, saat ini Perpustakaan hanya memiliki dua unit mobil saja. m“Kita masuk ke skolah untuk memberikan pelayanan kepada para siswa, sehingga siswa atau warga untuk meminjam buku tidak lagi repot,” tandasnya. (618)