Gaji Pasukan Kuning Naik 24%

ARGA MAKMUR, BE – Pasukan kuning (petugas kebersihan) yang didominasi kaum perempuan mencapai puluhan itu akan mengalami kenaikan gaji sebesar 24 %. Kenaikan gaji itu merupakan jawaban atas keluhan para penyapu jalan yang bekerja dari pagi hingga sore hari untuk membersihkan tumpukan sampah.

Kepala dinas PU kabupaten Bengkulu Utara, Eddy Suprianto, ST MT membenarkan adanya kenaikan gaji untuk pasukan kuning namun pemberlakuannya hanya menunggu keputusan dan memang dalam waktu dekat sdauh ketuk palu maka di bulan Februari mendatang akan segera diberikan, sementara untuk bulan Januari akan dirapel, “Ya sudah kita ajukan dan disetujui namun saat ini menunggu keputusannya lagi, kenaikannya berkisar Rp 150 ribu,” kata Edy.

Sementara itu, menurut penuturan Lina (30) -bukan nama sebenarnya yang bekerja sebagai penyapu jalan mengaku menjalani pekerjaan itu bukan hal yang mudah. Pasalnya dirinya masih memiliki dua orang anak yang masih kecil harus dirawat sang nenek hingga ia pulang bekerja, “Daripada tidak bekerja dan di rumah saja saya terpaksa menjalani pekerjaan ini dan saat ini sudah masuk tahun kedua saya bekerja sebagai pasukan kuning ini,” terangnya.

Lanjutnya, untuk masalah gaji yang diterima bervariasi dari Rp 400 ribuan hingga Rp 600 ribuan tergantung lama masa kerja, dan selalu diawasi oleh pengawas dalam bekerja sehingga tidak ada waktu untuk istirahat sejenak kecuali siang hari yang memang diperuntukkan untuk istirahat dan itupun hanya satu jam. Ditambah lagi setiap orang memiliki wilayah yang berbeda-beda, sehingga untuk upah yang memang minim itu menurutnya belum sebanding dengan bekerja dari pagi hingga petang.

“Saya dengar nasib pasukan kuning akan diperjuangkan dengan kenaikan gaji mencpai 24% atau Rp 150 ribu tapi tidak tahu kapan pemberlakuannya, untuk bulan ini kami masih terima gaji lama,” tukasnya.(117)