Gaji 13 Habiskan Rp 24 M

duit
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota menyiapkan anggaran sebesar Rp 24 miliar untuk membayar gaji ke 13 untuk para ASN.  Pembayaran ini akan dilakukan awal Juli mendatang melalui transfer ke rekening masing-masing ASN.  “Dananya sudah siap, awal Juli dicairkan langsung ke OPD,” kata Kepala BPKAD Kota Bengkulu, Arif Gunadi, kemarin (23/6).
Adapun besaran yang diterima ASN setara dengan gaji bulanan ditambah tunjangan sesuai dengan pangkat dan golongan masing-masing.



Pembayaran gaji 13 ini serentak dengan dibayarkan gaji bulan Juli, sehingga jika ditotalkan menghabiskan anggaran sebesar Rp 48 miliar dengan jumlah 5300-an ASN di bawah naungan Pemda Kota Bengkulu.  “Nanti kita bayarkan gaji bulan Juli dulu, setelah beberapa hari baru dicairkan lagi gaji 13, tentu kita siapkan anggarannya 2 kali lipat dari biasanya,” jelas Arif.

Ia menuturkan bahwa gaji 13 ini sudah berdasarkan aturan berlaku, dan diperuntukan untuk membantu para orang tua khususnya ASN untuk melengkapi kebutuhan anak-anaknya masuk sekolah. Sehingga pihaknya berharap agar dengan gaji ini dapat dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan anak seperti membeli seragam sekolah, alat tulis, tas, sepatu bayar uang sekolah dan sebagainya.

Hal ini merupakan jaminan dari negara sehingga kebutuhan pendidikan anak bisa terpenuhi dengan baik tanpa ada kendala biaya.  “Gaji ke 13 ini hanya dicairkan pada masa tahun ajaran baru, untuk membantu anak masuk sekolah, harapan kita manfaatkan sebaik mungkin dana ini,” pungkasnya. (805)