Gajah Ditemukan Sakit

gajahMALIN DEMAN, BE – Seekor gajah berukuran besar ditemukan terbaring lemah di area perkebunan PT Darya Dharma Pratama (DDP) tepatnya di Devisi 7 Desa Talang Arah, Malin Deman, Mukomuko. Gajah tersebut ditemukan kemarin (4/3) pagi oleh salah seorang pekerja yang tengah menebas di wilayah tersebut.

Camat Malin Deman, Ari Yanto membenarkan hal tersebut.  Untuk mengantisipasi hal yang tak diingginkan seperti gajah itu mati dan gadingnya diambil oleh oknum yang tak bertanggungjawab, Ari Yanto mengaku, telah menghubungi pihak-pihak terkait mulai dari Pemkab Mukomuko hingga pihak BKSDA.

“Informasi pihak BKSDA tengah di perjalanan menuju Mukomuko, karena lokasi dimana gajah itu ditemukan cukup jauh. Dari jalan hitam bisa mencapai 30 KM lebih belum lagi masuk ke area perkebunan tersebut. Begitu pun kendaraan yang masuk harus dobel gardan,” katanya.

Dikatakan Ari, sambil menunggu pihak BKSDA, sudah ada pihak aparat Pemkab Mukomuko untuk mengamankan supaya tidak ada aktivitas warga apalagi menganggu keberadaan gajah yang tengah sakit tersebut.  Di sisi lain, Ari mengaku belum mengetahui secara pasti apa jenis kelamin gajah itu. “Yang jelas gajah itu besar, apakah induk atau bapaknya gajah kami tidak mengetahui,” ujarnya. Dia mengaku hanya tahu jika hewan yang dilindungi undang-undang tersebut berasal dari PLG Sebelat yang berada di wilayah Kabupaten Bengkulu Utarab