Gagal Gasak Uang Rp91 Juta, Bandit Dibekuk Korban

Budhi//Bengkulu Ekspress Pelaku AH warga Palembang setalah berhasil diamankan oleh anggota Reskrim Polda Bengkulu dilokasi kejadian KM 8 Kota Bengkulu.
Budhi//Bengkulu Ekspress Pelaku AH warga Palembang setalah berhasil diamankan oleh anggota Reskrim Polda Bengkulu dilokasi kejadian KM 8 Kota Bengkulu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – AH bandit asal Palembang Senin (9/4) siang harus mengakhiri aksi kriminalnya. Pasalnya dia gagal membawa kabur uang milik PT Anugerah Lestari tempat korban bekerja senilai Rp 91 juta. Justru berhasil ditangkap korban setelah melakukan perlawanan dan berhasil meringkusnya sendiri.

Satu pelaku, masih dalam pengejaran yang berperan sebagai pembawa sepeda motor berhasil kabur atau melarikan diri.

Berdasarkan data yang terhimpun Bengkulu Ekspress, kejadian yang terjadi di kawasan Jalan Adam Malik KM 8 depan kantor BPK RI tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu posisi mobil korban sedang parkir di depan warung lontong tunjung di kawasan tersebut.

Melihat korban sedang turun untuk makan lontong, pelaku melancarkan aksinya dengan cari masuk lewat pintu supir yang saat itu sedang tidak terkunci dan langsung menarik tas berisikan uang Rp 91 juta.

Namun aksi pelaku diketahui pemilik warung dan langsung berteriak sehingga pelaku panik dan berusaha kabur, tetapi korban yang sigap langsung mengejar dan berhasil menarik pelaku AH hingga pelaku terjatuh. Namun teman pelaku berhasil kabur menggunakan sepeda motor jenis metic.

“Melihat pemilik warung teriak, saya langsung spontan ngejar pelaku dan satu pelaku berhasil saya tangkap namun satu lagi kabur,” terang korban Achmadi kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (9/4).

Ia menjelaskan, memang dirinya bersama temannya Adi tidak menaruh curiga kepada kedua pelaku, kemungkinan pelaku memang sudah mengikuti dirinya sejak keluar dari bank BNI tersebut. “Kemungkinan sudah diikuti saya sejak keluar bank hingga ke lokasi warung lontong ini” ucapnya.

Ia menjelaskan, saat itulah pelaku beraksi dengan membuka pintu mobil sebelah kanan dan langsung mengambil tas berisi uang, yang disimpan dirinya di bawah kursi depan sebelah kiri. “Sementara satu pelaku lainnya, sudah bersiap di atas sepeda motor matic tak jauh dari mobil korban. Beruntung penjual lontong melihat aksi pelaku dan langsung meneriaki saya, bila ada pelaku yang membobol dan membuka mobilnya, namun satu pelaku lainnya berhasil kabur,” Jelasnya.

Ia mengatakan, sempat terjadi duel sengit antara dirinya yang dibantu rekannya melawan pelaku AH.

Duel dua lawan satu ini, akhirnya membuat pelaku tak berkutik dan berhasil diringkus hanya dalam hitungan menit. “Saya dari bank BNI untuk mencairkan uang perusahaan PT Anugrah Lestari. Uang Rp 91 juta itu diletakkan di bawah jok, nah pada saat kami makan lontong itulah dia (pelaku) masuk. Saya langsung belari dan mengejar. Sempat tarik-tarikan juga tas tadi,” ujar Acmadi saat ditemui, setelah memberikan keterangan kepada polisi.

Sementara itu, Dir Reskrimum Polda Bengkulu, Kombes Pol Pudyo Haryono SH, membenarkan, jika salah satu pelaku percobaan pencurian berhasil dibekuk berkat kerjakeras korban dan warga, sedangkan satu pelaku yang menggunakan sepeda motor kabur ke arah Simpang Empat Polda, yang kini masih dalam pengejaran Tim Opsnal Jatanras Polda Bengkulu. “Satu pelaku berinisial AH sedang kita lakukan pemeriksaan untuk mengetahui identitas pelaku yang kabur tersebut dan untuk mengetahui sudah berapa kali pelaku ini beraksi seperti ini di Bengkulu,” tutupnya. (529)

Baca Juga

Hindari Perampokan, Masyarakat Bengkulu Diimbau Minta Pengawalan Polisi