Gadai Barang Meningkat

Musawir SEARGA MAKMUR, BE – Pimpinan Pegadaian Cabang Arga Makmur, Musawir SE mengatakan, kini penggadaian barang mengalami peningkatan yang fantastis. Angka peningkatan mencapai 140 persen dari biasanya yang hanya mencapai Rp 2 miliar per hari. ]
Jenis penggadaian barang yang diterima disampaikan Musawir jenis perhiasan emas dan kendaraan, namun yang paling banyak masyarakat menggadaikan perhiasan emasnya untuk kegunaan mendesak menghadapi lebaran mendatang. “Jelang ramadan selalu meningkat seperti ini, ramai sekali mbak, sepertinya memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat dan kita melayani ini setiap jam kerja sesuai dengan persyaratan,” ungkapnya.
Sementara itu, kendaraan atau barang lainnya yang digadai hanya diberikan waktu hingga empat bulan. Katanya, lewat dari empat bulan, maka akan dilakukan pelelangan dengan menghubungi pemilik barang. Meski yang banyak menggadaikan barang untuk kebutuhan berpuasa, mendekati lebaran H-4 masyarakat menebusnya dengan segera karena perhiasan dan kendaraan dibutuhkan untuk keperluan lebaran, namun usai satu bulan lebaran, masyarakat kembali ke pengadaian untuk melakukan pinjaman lagi.
“Seperti itulah setiap ramadhan nya, berkesinambungan, usai digadai, ditebus, lalu di gadai lagi, paling banyak pedagang untuk modal jualannya,” pungkas Musawir. (117)