Friska Juliana, Putri Indonesia Bengkulu 2012

BENGKULU, BE – Pemilihan Putri Indonesia (PPI) Provinsi Bengkulu 2012 tadi malam berlangsung sangat ketat dan mendebarkan. Ke-11 finalis tak hanya tampil cantik dan memukau tapi juga mampu menjawab pertanyaan dewan juri secara baik.
Bripda Friska Juliana Agustius terpilih menjadi Putri Indonesia Provinsi Bengkulu 2012. Dara cantik kelahiran Kepahiang 4 Juli 1991 ini berhak mewakili Provinsi Bengkulu di ajang Pemilihan Putri Indonesia (PPI) 2012 tingkat nasional 1 Februari 2013 mendatang di Jakarta.
Friska yang mewakili Kabupaten Kepahiang ini sukses menyisihkan finalis lainnya saat grand final di Ballroom Hotel Santika. Ia juga berhasil menyabet 2 gelar lainnya sebagai kategori putri favorit pilihan penonton dan polling SMS. Sedangkan kategori Putri Intelegensia diraih Devi Florini wakil Kaur, Putri Persahabatan Erni Susanti wakil Kota Bengkulu, dan Putri Berbakat Hepi Meirita Triana wakil Kota Bengkulu.
Sukses Friska meraih mahkota Putri Bengkulu 2012 itu tak lepas dari penampilannya menjawab pertanyaan dewan juri dan selama masa karantina. Adapun kelima dewan juri saat itu  Astri Fitri Astari dan Samudro Putranto dari Yayasan Putri Indonesia dan Mustika Ratu, praktisi pendidikan Mery Witman, pemerhati media Sigan Rajabni, serta perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Suparhim
Pada tahap tiga besar, Polwan yang bertugas di NTMC Mabes Polri ini terpilih bersama pesaing beratnya Devi Florini wakil dari Kaur dan Vika Fitranita wakil dari Bengkulu Tengah (Benteng).
Sebelumnya saat fase pertama ke-11 finalis diseleksi menuju 5 besar. Pada tahapan ini para peserta memilih sendiri pertanyaan yang harus mereka jawab. Hasilnya Friska bersama Devi Florini (Kaur), Vika Fitranita (Benteng), Yunenda Paramitha (Kota Bengkulu), dan Hepi Meirita Triana (Kota Bengkulu)
Hasil keputusan dewan juri Hepi menjadi harapan 2, Yunenda sebagai harapan 1, Vika runner up 2 dan Devi menjadi runner up 1. Suasana terasa sangat mendebarkan dan riuh saat Putri Indonesia Bengkulu 2011 Winda Haryanti akan menyerahkan mahkotanya kepada 2 finalis yang tersisa Devi Florini atau Friska Juliana. Pendukung kedua finalis pun saling bersorak-sorak meneriakkan nama unggulan mereka. Namun mahkota akhirnya disematkan kepada Friska sembari diiringi nyanyian lagu We Are The Champhion milik legenda musik Queen. Di sisi lain semua pemenang berhak mendapatkan hadiah persembahan para sponsor, trophy, piagam dan lainnya.
Sebelumnya Ketua Panitia PPI Provinsi Bengkulu 2012 Bagus Andrianto menyampaikan apresiasi terhadap seluruh sponsor dan unsur pemerintahan yang telah mendukung acara tersebut. Begitu juga dengan Yayasan Putri Indonesia yang telah mempercayakan Harian Bengkulu Ekspress menggelar PPI ini sejak tahun 2006.”Kami berharap kerjasama yang sudah terjalin bisa semakin erat dan berlanjut pada penyelenggaraan PPI tahun depan,” ucap Manager Event Organizer Bengkulu Ekspress ini.
Sementara itu perwakilan Yayasan Putri Indonesia Samudro Putranto, mengungkapkan PPI ini tak sekadar memilih berdasarkan kecantikan, tapi juga kecerdasan dan kepribadiannya. “Putri Indonesia harus memiliki 3B. Beauty, brain dan behavior. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang utuh,” terangnya.
Hadir dalam acara tersebut Bupati Benteng Ferry Ramli, Sekda Benteng Drs Darmawan Yakoeb, GM Bengkulu Ekspress Sukatno SPd, serta tamu undangan lainnya. Sebanyak 500 kursi yang disiapkan panitia pun terisi penuh. Tak sedikit pula yang harus berdiri untuk melihat kontestasi bakat terbesar dan bergengsi di Provinsi Bengkulu itu.
Acara ini disponsori Bank Bengkulu, Pemprov Bengkulu, Polda Bengkulu, Hotel Santika Bengkulu, Sriwijaya Air, Telkomsel, Yayasan Putri Indonesia, Mustika Ratu, Pemkab Bengkulu Tengah, Damor, Cressida, Fit U, X8, Jasa Raharja, Lesitta Bengkulu, Fitbar, Agung Automall, Kusuma Beauty Lab, APBB, Walk’in 9, Colorado Course, Colorado Komputer, Universitas Terbuka, Rahman Komputer, CFC, dan Anggota DPR RI Rully Chairul Azwar.(cw1)

==Grafis==

Putri Indonesia Bengkulu Friska Juliana Agustius
Putri Indonesia Bengkulu Runner Up I Devi Florini
Putri Indonesia Bengkulu Runner Up II Vika Fitranita
Putri Indonesia Bengkulu Harapan 1 Yunenda Paramitha
Putri Indonesia Bengkulu Harapan 1 Hepi Meirita Triana

Kategori
Putri Favorit Pilihan Penonton Friska Juliana Agustius
Putri Favorit Pilihan Polling SMS Friska Juliana Agustius
Putri Intelegensia Devi Florini
Putri Persahabatan Erni Susanti
Putri Berbakat Hepi Meirita Triana