FPTI Targetkan Ikut Olimpiade

ARY/BE
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Rejang Lebong saat memberikan sambutan dalam Muscab FPTI Rejang Lebong Minggu (15/12) siang kemarin.

CURUP, bengkuluekspress.com – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Rejang Lebong memiliki target prestasi yang cukup besar kedepannya. Salah satunya yaitu mampu membawa atlet panjat tebing asal Kabupaten Rejang Lebong ke Oliampiade.

“Kedepannya kita targetkan atlet panjat tebing dari Rejang Lebong ini bisa masuk Olimpiade,” sampai Ketua FPTI Rejang Lebong Periode 2015-2019, Guntur Utama Jaya SH dalam pembukaan Muscab FPTI Kabupaten Rejang Lebong, Minggu (15/12) siang kemarin.

Apa yang disampaikan Guntur tersebut, menurutnya tidak menutup kemungkinan akan terealisasi dalam beberapa tahun kedepan, hal tersebut tidak terlepas dari keberhasilan atau prestasi yang diraih oleh FPTI Rejang Lebong dalam beberapa tahun terakhir. Karena menurutnya dengan minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh FPTI Rejang Lebong, FPTI Rejang Lebong berhasil menorehkan sejumlah prestasi. “Dengan usaha dan prestasi yang selama ini kita raih, maka tidak menutup kemungkinan kita benar-benar bisa berlaga di Olimpiade,” tambah Guntur yang merupakan anggota DPRD Rejang Lebong tersebut.

Beberapa prestasi yang diraih FPTI Rejang Lebong tersebut antara lain meraiih 7 emas, 2 perak dan satu perunggu dalam ajang Porprov 2018 lalu. Dengan jumlah tersebut FPTI Rejang Lebong berhasil meraih sepertiga dari total mendali dalam cabang panjat tebing. Kemudian dalam kompetisi di Kota Lubuklinggau tahun 2018, FPTI Rejang Lebong berhasil meraih mendali emas dan menjadi finalis ditiga nomor. Kemudian pada tahun 2019 ini mengikuti kompetisi panjat tebing internasional di Sumatera Barat, dalam ajang tersebut FPTI Rejang Lebong berhasil meraih 2 emas dan 1 perunggu, kemudian dalam ajang Porwil X Sumatera sekaligus Pra PON Zona 1, atlet FPTI Rejang Lebong berhasil meraih mendali perak.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pengprov FPTI Bengkulu Arie Saputra Wijaya menyampaikan apresiasi yang atas prestasi yang diraih oleh FPTI Rejang Lebong selama beberapa tahun terakhir. “Saya mengatakan bahwa FPTI Rejang Lebong luar biasa, karena dengan keterbatasan yang mereka miliki, mereka bisa meraih banyka prestasi,” sampainya. Bahkan menurut Ari, atas prestasi dan keberhasilan dari FPTI Rejang Lebong, maka selama ini yang menjadi refresentasi dari FPTI Provinsi Bengkulu adalah FPTI Rejang Lebong. Kemudian menurut, FPTI Rejang Lebong memang berbeba dengan FPTI kabupaten dan kota lain di Provinsi Bengkulu karena menurutnya FPTI Rejang Lebong memiliki pelatih dan juri yang bersertifikasi.

Senada dengan yang disampaikan Pengprov FPTI Bengkulu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju SSTP MSi juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada FPTI Kabupaten Rejang Lebong atas prestasi yang mereka raih selama tiga tahun terakhir. “Dalam beberapa tahun terakhir FPTI Rejang Lebong sudah banyak menorehkan prestasi baik ditingkat kabupaten, regional maupun nasional,” sampai Khirdes.

Atas prestasi-prestasi yang telah mereka raih tersebut, Khirdes berharap kedepannya atau dikepengurusan yang baru minimal bisa dipertahankan, syukur-syukur menurut Khirdes bisa ditingkatkan lagi. “Saya harap kedepannya FPTI Rejang Lebong bisa mempertahankan prestasi yang sudah ada jangan sampai kendor, bahkan saya berharap lebih baik lagi dan lebih banyak prestasi yang diraih,” harap Khirdes. Khirdes juga berharap Muscab FPTI Rejang Lebong kemarin dapat dilakukan dengan musyarawah yang baik untuk mencari siapa yang terbaik untuk memimpin FPTI Rejang Lebong kedepannya. (251)