Formasi Keperawatan Tak Ada yang Lulus

TUBEI, BE РBadan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lebong akhirnya  mengumumkan peserta tes CPNS yang lulus dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) 8 September 2012 lalu. Pembukaan amplop hasil scaning LJK di ruang rapat kerja Bupati Lebong dibuka Wakil Bupati Lebong Panca Wijaya didampingi Sekda Lebong Drs Arbain Amaludin dan Kepala BKD Lebong HM Ali A Hadi SH, serta jajaran kepolisian, kemarin.

Dalam pengumuman tersebut, untuk Formasi Kesehatan bidang Keperawatan tidak ada satupun peserta yang lulus dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD). Padahal untuk jumlah formasi Keperawatan diketahui sebanyak 9 orang yakni 8 orang untuk Diploma III Keperawatan dan 1 jatah S1 Keperawatan. Untuk itu, Kepala BKD Lebong H M Ali A Hadi SH didampingi Kabid Pengadaan Pegawai dan Organisasi H Guntur SSos mengatakan akan mengajukan komplain ke KemenPAN dan RB terkait tidak adanya peserta formasi Keperawatan yang lulus tersebut.

“Dari Kemenpan kita hanya menerima aplop yang masih bersegel. Terkait tidak adanya peserta yang lulus Keperawatan akan kita pertanyakan kepada pihak Kemen PAN &RB. Sebab, kita tidak tahu apakah memang semua peserta yang ikut tes nilainya tidak memenuhi ambang batas atau ada kesalahan teknis di pusat. Karena dalaam lembaran yang kita dapatkan, nama peserta, nilai dan perengkingan juga tidak disertakan, sedangkan formasi lainnya ada. Nah seperti Formasi Pendidikan untuk jurusan Multimedia, TIK, Tata Busana dan Otomotif juga tidak ada yang memenuhi syarat tetapi untuk namanya ditera dalam pengumuman tersebut, sedangkan untuk keperawatan tidak ada sama sekali nama peserta dan nilainya,” terang Ali.

elain itu, sesuai dengan peraturan KemenPAN&RB no 197 tahun 2012 dan Perka BKN No 09 tahun 2012, untuk hasil koreksi LJK seluruh peserta dalam amplop yang diterima dari Panitia Pusat, juga disertai LJK seluruh peserta. “Untuk LJK ini dikembalikan lagi ke panitia daerah untuk disimpan dan diarsipkan hingga 3 tahun kedepan.,” kata Ali.

Wajib Lapor
Kemudian, sambung Ali, bagi peserta yang namanya yang dinyatakan lulus (baca lengkap di halaman 22) diharapkan segera melapor ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lebong dari 25-28 September 2012 pada jam 08.00 WIB s/d 14.00 WIB dengan membawa Nomor Asli Tanda Peserta Ujian dan tidak bisa diwakilkan. “Bagi yang tidak melapor sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan tersebut, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri atau dinyatakan gugur. Untuk hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung kepada Panitia Pelaksana Daerah Pengadaan CPNS Daerah kabupaten Lebong Formasi Tahun 2012,” kata Ali.

38 Peserta Akan Ikuti TKB
Selain itu, Ali juga menjelaskan jika sebanyak 38 orang peserta dari tenaga pendidikan nantinya akan mengikut tes lanjutan yakni Tes Kompetensi Bidang (TKB). Masing-masing 26 peserta untuk guru kelas, 9 peserta untuk formasi guru kewirausahaan dan 3 peserta untuk guru SDLB. “Kalau untuk rancangan jadwal awalnya dari Panitia Pusat TKB akan dilaksanakan pada 29 September mendatang, namun dari informasi yang diperoleh kita dari hasil rapat hari ini jika untuk pelaksanaan TKB diundur. Untuk sampai kapan diundurnya kita juga belum tahu, kita lihat saja nanti perkembangannya,” pungkas Ali.(777)