Fokuskan Penanganan Longsor dan Kecelakaan

Rapat: Rapat koordinasi pengamanan Natal dan tahun baru di Mapolres BS yang dipimpin oleh Kapolres BS, Wabup dan Dandim 0408 BS yang diikuti semua SKPD pemkab Bengkulu Selatan.
Rapat: Rapat koordinasi pengamanan Natal dan tahun baru di Mapolres BS yang dipimpin oleh Kapolres BS, Wabup dan Dandim 0408 BS yang diikuti semua SKPD pemkab Bengkulu Selatan.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru

KOTA MANNA, BE- Menjelang perayaan Natal 2012 dan tahun baru 2013, Polres Bengkulu Selatan (BS) dan Pemkab BS menggelar rapat koordinasi untuk pengamanan kedua agenda tersebut.

Namun untuk pengamanan kegiatan itu Kapolres BS AKBP Yohanes Hernowo SIK MH mengingatkan kepada SKPD terkait dalam hal ini BPBD dan Dinas PU serta Dinas pariwisata BS untuk lebih aspada.Pasalnya pada saat Natal dan tahun baru akan banyak warga yang melakukan perjalanan dan kunjungan wisata,sehingga perlu diantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Seperti halnya kawasan jalan lintas Ulu Manna – Tanjung saksi selalu terjadi longsor.

Begitu juga dengan pantai Pasar Bawah yang setiap hari keramaian selalu ada warga korban tenggelam di laut.”Saya ingatkan kawasan yang rawan terjadi bencana dilakukan pengawasan secara menyeluruh meminimalisir terjadinya korban jiwa,”kata Kapolres.

Pemda BS khususnya dinas PU dan BPBD menyiagakan alat berat di kawasan Ulu Manna beserta tenaga operasionalnya agar siap siaga selama 24 jam. Pasalnya selama ini disaat longsor yang terjadi sebanyak 4 kali para petugas dari PU dan BPBD selalu tidak siap dan mengharuskan anggota Polres BS yang turun tangan. Begitu juga dengan kawasan wisata Pantai Pasar Bawah yang sering dimanfaatkan warga yang berkunjung untuk mandi air laut. Dinas pariwisata diminta untuk memasang spanduk di pingggir pantai tentang larangan warga untuk mandi air laut.”Kalau perlu buatkan spanduk yang besar yang isinya melarang warga mandi laut,” jelasnya.

Ditambahkanya, dalam rapat koordinasi kemarin juga bertujuan untuk melaksanakan operasi lilin dalam rangka Natal dan tahun baru yang akan digelar mulai 23 Desember hingga usai tahun baru yakni 3 Januari 2013.Sehingga diperlukan kerja sama semua pihak guna mengamankan suasana dua momen tersebut.”Semua pihak saya minta untuk saling bekerja sama agar suasana Natal dan tahun baru menjadi kondusif,” terangnya.

Sementara itu Wakil Bupati BS Dr drh Rohidin Mersyah MMA menyambut baik keinginan Kapolres BS agar pengamanan Natal dan tahun baru dapat dilaksanakan dengan baik. Seluruh SKPD khususnya dinas PU dan BPBD serta dinas pariwisata BS untuk lebih proaktif dalam mengupayakan pengamanan untuk menjadikan BS tidak ada yang menjadi korban akibat terjadinya bencana alam maupun yang mandi air laut.Tidak hanya itu kata dia pihak RSUDHD Manna BS akan disiagakan 24 jam untuk melayani jika ada warga yang membutuhkan pelayan.”Keinginan kita semua agar suasana perayaan Natal dan tahun baru di BS menjadi kondusif dan tidak terjadi persoalan,” tukas wabup.(369)