Fokus Pemerataan Pembangunan

Musrenbang RKPD Bengkulu Utara Tahun 2020

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2020, kemarin (13/3) di Balai Pertemuan Ratu Samban Arga Makmur.

Kegiatan Musrenbang RKPD ini dibuka langsung oleh Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian, dan dihadiri Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, H Gotri Suyanto, SE, MSoc, Sc, Kepala Bappeda Bengkulu Utara Ir Siti Qoriah Rosdiyana dan seluruh OPD dan SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian mengatakan, Musrenbang RKPD merupakan wadah untuk melakukan sinkronisasi dan rekonsiliasi atas pendekatan antara kebutuhan pembangunan dengan prioritas program pembangunan dengan kemampuan dan keterbatasan anggaran yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara.  “Tentunya Musrenbang pada hari ini kita telah menjaring aspirasi Musrenbang Kabupaten dengan menetapkan beberapa skala prioritas sejalan dengan penyampaian tadi,” kata Mian.

Mian menambahkan bahwa tahun 2019 ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan perencanaan pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2016-2021, beberapa capaian pun diraih oleh pemerintah daerah Bengkulu Utara.

“Keberhasilan penurunan angka kemiskinan dari 14,78% tahun 2015 menjadi 11,8% tahun 2018, kemudian secara konsisten indeks pembangunan manusia menjadi 67,8% di tahun 2017 dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi diatas angka 5%, kemudian meningkatkan pendapatan PDRB per kapita di tahun 2018 menjadi Rp 23.299.840. Selanjutnya peningkatan pembangunan infrastruktur perekonomian, diantaranya jalan kabupaten, dimana pada tahun 2018 mencapai 40%, meningkat dibanding tahun 2016 hanya 33,73%. Selain itu, jaringan irigasi kabupaten mencapai 81,9% tahun 2018,” paparnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto menuturkan, musrenbang dilaksanakan dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah yang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati serta merumuskan kegiatan tahun yang akan datang.



“Melalui forum ini diharapkan dapat dihasilkan kesepakatan untuk penajaman penyelarasan klarifikasi dan penyempurnaan terhadap rancangan RKPD tersebut, sehingga nantinya dapat diperoleh masukan dan komitmen dari pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Bengkulu Utara” tuturnya.Kepala Bappeda Bengkulu Utara, Ir.

Siti Qoriah Rosydiana usai kegiatan tersebut mengungkapkan, Musrembang RKPD ini merupakan lanjutan dari beberapa rangkaian musrembang, mulai di desa dan kecamatan yang dilakukan untuk membahas pembangunan Kabupaten Bengkulu Utara di tahun 2020. “Ya kegiatan ini hasil dari Musrenbang Desa dan Kecamatan yang telah dilakukan dan hasilnya dibahas di Pra Musrenbang kemarin dan dibahas kembali di Musrenbang RKPD tahun 2020,” terangnya.

Siti juga menyampaikan, hasil musrembang ini adalah fokus pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dalam pemerataan pembangunan di tahun 2020, dimana anggaran belanja di tahun 2020 menjadi Rp 1, 3 triliun, naik dari tahun sebelumnya Rp 1,2 triliun. “Dengan hasil Musrenbang RKPD ini kita fokus kepada pemerataan pembangunan di Kabupaten Bengkulu Utara,” tandasnya.(127)