Fokus ke El Clasico

LEBIH dominan sepanjang laga dan pulang dengan kekalahan tentu sangat menyakitkan buat Barcelona. Tetapi, sebaiknya segera mereka lupakan, karena berikutnya tantangan berat bakal tersaji pada el clasico melawan Real Madrid, Sabtu (21/4). Sama halnya dengan Barca yang kalah dari Chelsea pada first leg semifinal Liga Champions, Real juga kalah 1-2 dari Bayern Munchen. Hasil yang memaksa mereka harus bekerja keras pada second leg di kandang masing-masing. Sebelum memikirkan second leg, sebaiknya keduanya fokus pada el clasico. Sebab, ini bisa menjadi penentu juara Liga Primera Spanyol musim ini. Real sekarang hanya unggul empat angka atas Barcelona (85-81) di sisa lima pertandingan. Bila Barca menang, maka mereka tinggal selisih satu angka dan itu sangat riskan bagi perburuan gelar. Sedangkan bila Real menang, maka jarak angka semakin menjauh dan Real berpeluang kembali juara setelah tiga musim terakhir selalu dikangkangi Barca.

“El clasico kali ini sangat menentukan bagi perburuan gelar musim ini. Kalau kami mampu mengatasi mereka maka peluang kami akan terbuka lebar. Ini pertandingan yang sangat krusial,” kata Victor Valdes, kiper Barca, seperti dikutip AS. AS memprediksi, melawan Barca, entrenador Real Jose Mourinho kemungkinan akan menurunkan Mesut Oezil dan Kaka secara bersamaan. Winger asal Argentina Angel Di Maria akan diistirahatkan di bench dan menunggu waktu yang tepat untuk turun. Kemudian, untuk lini depan, Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo masih menjadi pilihan utama. Sedangkan di bek kiri, Fabio Coentrao dan Marcelo akan saling bersaing untuk menunjukkan diri. El clasico kali ini juga menjadi pembuktian siapa yang lebih tajam di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Sekarang mereka berdua sama-sama mengemas 41 gol dan menjadi yang terdepan dalam perburuan top scorer Liga Primera. “Messi dan Ronaldo seperti menjadi magnet tersendiri. Mereka punya kelebihan ketimbang yang lain. Kami sungguh beruntung karena memiliki keduanya di Liga Primera,” bilang Pep Guardiola, pelatih Barca, seperti dilansir Soccernet.

Catatan Madrid

Sepanjang La Liga Real Madrid sudah mencetak 2.000 gol di kandang lawan-lawannya, termasuk 44 di musim ini. Bagaimana catatan mereka di Camp Nou?

Situs resmi “Si Putih” mencatat, kemenangan 4-1 atas Atletico Madrid minggu lalu menaikkan rekor gol tandang mereka di kompetisi domestik menjadi 2.000. Dari total 1.282 pertandingan away yang dilakoni untuk mencapai angka itu, rata-rata mereka mencetak 1,5 gol. Khusus di musim ini, Cristiano Ronaldo dkk. telah membuat 44 gol dari 13 laga tandang, alias rata-rata 3,3 gol. (Sebagai perbandingan, di Santiago Bernabeu mereka mengemas 63 gol dari 14 partai, rata-rata 4,5 gol). Bagaimana statistik gol tandang Real Madrid di kandang musuh besarnya, Barcelona? Menurut catatan mereka, dari 81 kali melawat ke Cam Nou, El Real mendulang 93 gol. Rata-ratanya 1,15 gol per pertandingan. Dari dua kali El Clasico di Catalan di musim ini, pasukan Jose Mourinho mengukir empat gol, yakni ketika kalah 2-3 di leg II final Piala Super Spanyol dan seri 2-2 di leg II perempatfinal Copa del Rey. Uniknya, gol tandang pertama Madrid dibuat ke gawang Barcelona, yakni pada 17 Februari 1929. Mereka menang 2-1, pencetak golnya adalah Rafael Morera di menit 10 dan 55. Dibandingkan dengan Barcelona, rekor gol tandang Madrid sedikit lebih baik. Barca “baru” menghasilkan 1.903 gol dari 1.282 kali bermain di kandang lawan-lawannya. Rata-ratanya adalah 1,4 gol per game. Meski Real Madrid punya catatan gemilang dalam jumlah gol tandang, tapi gawang di Camp Nou bukanlah stadion yang mudah mereka gedor. Dalam daftar 10 tim yang paling sering dijebol oleh Madrid, Barca cuma ada di peringkat kedelapan.(**)