Fisik Mobnas Dicek

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Bagian Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur, sejak beberapa hari yang lalu terus melakukan pendataan aset kendaraan dinas. Salah satunya kemarin (14/1) sejumlah mobil dinas (Mobnas) yang sebelumnya pada tahun 2018 digunakan pejabat didata ulang dan dilakukan pengecekan kembali.

“Kita melakukan pengecekan fisik Mobnas, jadi sebelum diserahkan dengan pejabat baru, ita cek dulu mobilnya jangan sampai ada yang dicopot, kan saat yang bersangkutan menggunakan mobil itu ada ceklisnya,” kata Kepala BKD Kaur Lawi Amrul MSi melalui Kabid Aset BKD Kaur Hermawansyah SPd kemarin (14/1).

Dikatakan Hermawan, sampai kini baru ada dua OPD yang sedang dilakukan pengecekan yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Pengecekan ini dilakukan mulai dari bodi mobil sampai kepada sejumlah peralatan mobil lainya. Jadi pemegang barang juga diwajibkan untuk mengantar sendiri mobnas tanpa dititip dengan prentara.

“Kalau misalnya mobil yang diserahkan tidak lengkap ada yang hilang kita minta diganti baru, kemudian setelah lengkap barang itu kita terima dan kita serahkan dengan pejabat yang baru yang berhak menerimanya,” terangnya.

Ditambahkannya, selain mobil sekitar 25 unit yang sudah dilakukan pemeriksaan bagian Aset juga sudah mendata lebih dari 100 unit motor milik tenaga kesehatan dan juga tenaga guru. Dalam pendataan itu bila ditemukan ada kendaraan yang tak juga membayar pajak maka pihaknya menahan kendaraan tersebut dan diminta untuk membayarnya terlebih dahulu sebelum digunakan.

“Jika ada mati pajak misalnya, kita minta dilunasi dulu kemudian baru motornya dibawa kembali, kalau kita biarkan sama saja kita membiarkan mereka untuk tidak taat pajak,” tandasnya.(618)