Final, Lahan SDN 62 di Jalan Merawan


Budhi/BE – Lahan SD Negeri 62 yang terletak di Jalan Merawan Kelurahan Sawah Lebar Kota Bengkulu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Polemik lahan Sekolah Dasar (SD) Negeri 62 Kota Bengkulu akhirnya menemui titik terang. Pemerintah Kota (pemkot) Bengkulu telah sepakat untuk membeli lahan pengganti lahan SDN 62 yang tempatnya tak jauh dari lokasi sekolah saat ini, yakni sekitar 800 meter yang berada di Jalan Merawan Kelurahan Sawah Lebar Kota Bengkulu.

Kabag Pemerintahan Setda Kota Bengkulu, M Dani menjelaskan, Pemerintah Kota Bengkulu pun telah sepakat untuk membeli lahan baru dan kemudian membangun SDN 62 yang baru.
Setidaknya ada 3 bidang lahan yang menjadi pilihan Pemkot untuk dibangun gedung sekolah SDN 62 tersebut.

“Untuk lokasi memang sudah final yakni di Jalan Merawan, yang mana akan selesai pertengahan tahun 2020 mendatang jika harga lahan tersebut sudah keluar dari tim apraisal,” jelasnya, kemarin (19/9).

Ia menjelaskan, dari 3 lahan tersebut, Pemkot melirik 1 lahan dengan jarak kurang lebih 800 meter dari sekolah lama dan untuk proses beli lahan masih dikaji oleh tim apraisal untuk mengetahui nilai lahan tersebut. “Pemkot pun telah menganggarkan dana sebesar Rp 2,5 miliar rupiah dari APDP-P untuk membeli lahan itu, dan saya pastikan lahan tersebut tak bersengketa karena memiliki sertifikat hak milik (SHM),” jelasnya.

Sementara itu, untuk proses pembangunan nantinya akan menggunakan dana yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Kita berharap dana tersebut pun cepat dicairkan agar pembangunan sekolah bisa segera dilakukan dan anak-anak bisa kembali bersekolah disana,” jelasnya.



Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bengkulu, Suprianto meminta kepada Pemkot untuk secepat mungkin menyelesaikan pembelian lahan untuk SDN 62 itu, dan memastikan dana yang mau dikucurkan oleh Kemendikbud tersebut turun. “Kita minta kepada Pemkot untuk serius dalam hal ini, jika nantinya dana untuk pembangunan SDN 62 tersebut tidak turun dari Kemendikbud, kita bisa menganggarkannya di APBD tahun 2020 nanti, tetapi proses pembangunan pun bisa tertunda lagi,” tuturnya.

Ia pun mengaku akan mendukung penuh terkait pembangunan SDN 62 yang baru tersebut karena menyangkut pendidikan bagi anak-anak. “Kita dari DPRD Kota Bengkulu akan mendukung Pemkot dalam hal tersebut,” pungkasnya. (529)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*