Favorit PAN, Jagokan Caleg dari Artis

vivaJAKARTA – Nama-nama publik figur kemungkinan besar akan kembali menghiasi daftar calon legislatif (caleg) untuk pemilu 2014 mendatang. Partai Amanat Nasional akan menjadi salah satu parpol yang mengisi susunan calegnya dengan sejumlah artis di sejumlah daerah pemilihan (dapil) yang berbeda.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan, beberapa nama artis dipastikan akan maju mewakili PAN untuk bersaing di pemilu 2014 mendatang. Viva menyebut sejumlah artis seperti Raffi Ahmad, Ikang Fawzi, Desy Ratnasari bakal maju sebagai caleg PAN.”Sudah dipastikan maju dari PAN,” ujar Viva di Jakarta, Senin (24/12).

Menurut Viva, para caleg artis itu sudah ditempatkan di sejumlah dapil. Raffi misalnya, akan berada di dapil Jawa Timur VI yang meliputi wilayah Blitar, Kediri dan Tulungagung. Sementara Ikang maju dari dapil Banten I yang meliputi Lebak dan Pandeglang. Adapun Desy akan maju dari dapil Jabar IV yang meliputi kabupaten dan kota Sukabumi.

Terkait Raffi yang akan diusung sebagai caleg, Viva menyebut presenter yang sempat dekat dengan artis Yuni Shara itu bukan nama baru di PAN. “Raffi itu adalah kader PAN sejak lama,” ujarnya.

Demikian halnya dengan Ikang yang pada pemilu 2009 lalu sudah didaftarkan sebagai salah satu caleg PAN. Sementara Desy, baru pada pemilu 2014 mendatang direkrut untuk memperkuat basis dukungan suara partai berlambang matahari itu.

Menurut Viva, faktor popularitas bukan hanya menjadi dasar PAN untuk merekrut sejumlah artis itu. Selain harus berintegritas, para caleg artis harus memiliki konstituen sendiri di luar konstituen yang dibangun dari jaringan partai. “Mereka harus bawa konstituennya sendiri, kalau tidak punya konstituen, ya bukan tokoh dong,” ujar Viva.

Viva juga membenarkan bahwa faktor popularitas seringkali tidak menjadi faktor penentu kemenangan. Dalam pemilu lalu, PAN memiliki 21 caleg artis. Namun, hanya tiga yang lolos meraih kursi di DPR. “Oleh karena itu, nanti ada semacam diklat bagi caleg artis atau tokoh non kader PAN,” ujar Viva.

Terkait komposisi keseluruhan untuk caleg pemilu 2014 nanti, Viva memastikan bahwa para anggota dewan saat ini juga akan maju kembali. Sejumlah anggota dewan nanti kemungkinan besar juga akan mengisi dapil tempat mereka sebelumnya meraih basis suara.

Secara terpisah, PKS sendiri memastikan akan memaksimalkan kader-kader internal untuk maju sebagai caleg di pemilu 2014. Ketua DPP Bidang Kebijakan Publik PKS Mustafa Kamal menyatakan, partainya masih optimis sejumlah kader internalnya memiliki kemampuan untuk mendulang suara. “Kader internal tetap menjadi pilihan utama,” ujar Mustafa.

Selain para anggota dewan yang saat ini duduk, sejumlah kader muda akan dimaksimalkan. Menurut Musfafa, pencalonan kader muda sekaligus adalah proses regenerasi bagi PKS. Hal ini sekaligus menunjukkan PKS memiliki visi jangka panjang untuk mencetak calon pemimpin masa depan. “Kader muda banyak memiliki potensi, namun belum dimaksimalkan,” ujarnya.(bay)