Fatin Selamat, X Factor Pulangkan Mikha Angelo

mikhaPenampilan maksimal yang dibawakan Mikha Angelo pada Gala X Factor Indonesia ke XI akhirnya ditutup dengan anti klimaks.  Peserta X Factor tersebut harus pulang, setelah berada di buttom two bersama Fatin Shidqia Lubis.

Mikha Angelo, terlihat mampu tenang, menunggu detik-detik penentuan Sabtu dini hari (4/5/2013).  Mikha yang pada awal Gala sukses membawakan lagu Van Mirrison berjudul Crazy Love, mencoba melepas senyum.  Sementara sang mentor, Anggun C Sasmi terlihat berharap besar anak didiknya bisa selamat.

Bebi Romeo yang diberi kesempatan prediksi, mengaku dirinya susah untuk memprediksi. ”Keduanya sama-sama muda dan memiliki X Factor yang besar,” ujar pria yang pernah membawakan hits Bunga Terakhir ini.

Pemilik nama asli Virdy Megananda menyatakan penampilan Mikha malam ini diluar prediksi  dirinya. ”Lagu yang kamu bawakan tadi nyaman. Saya tidak butuh skill yang gila-gilaan. Tapi seperti saya bilang, Mikha, saya yakin, tanpa harus memenangkan kompetisi ini, Mikha sudah jadi,” ujar Bebi Romeo yang telah dianugrahi seorang putri, Lyrics Syabila Mu Saqeena yang lahir pada tanggal 25 Agustus 2005.

Menilai Fatin, Bebi Romeo menyatakan bahwa sejak awal pelajar SMA tersebut sedari awal sudah mencuri perhatiannya.  ”Tingkat kematangan kamu, hal itu lebih sering saya lihat.  Untuk itu, kalau berbicara, soal kompetisi ini.  Maka saya pilih Fatin,” tegas Bebi Romeo.

Sementara Ahmad Dhani hanya memberikan prediksi yang pendek.  Menurutnya, ia suka kedua peserta X Factor tersebut, dan punya X Factor.  ”Prediksi saya, Mikha yang keluar.  Saya paling tidak senang, prediksi saya salah,” tegas pemilik nama lengkap Ahmad Dhani Prasetyo.

Usai mendengarkan komentar kedua juri, yang anak didiknya sudah melaju lebih dulu ketiga besar, Robi Purba kemudian menyampaikan hasil voting.  ”Baiklah, Indonesia telah memutuskan.  Fatin…,  selamat kamu lolos ketiga besar. Artinya, malam ini, Mikha harus pulang,” ujar Robi Purba.

Mendengar hal tersebut, Fatin yang terlihat tidak siap berada di buttom two memeluk erat mentornya, Rossa. Sementara Mikha tetap tenang menerima putusan tersebut.  Namun justru sang mentor yang tidak mampu menahan emosinya. Anggun terlihat menangis menerima kenyataan bahwa akhirnya satu-satunya anak didik yang ia miliki harus pulang malam ini.

Saat diberi kesempatan berkomentar, Mikha mencoba menguatkan mentornya.  ”Mbak Anggun sori dengan keadaan ini. Aku sudah belajar banyak banget di X Factor.  Ini tempat belajar. Khususnya buat Mbak Anggun dan para mentor yang lain, terima kasih atas bimbingannya. Saya tidak menyesel sama sekali, sedetik pun tidak nyesel berada di sini,” ujar Mikha Angelo.(**)