Facebook dan Twitter Kalahkan Godaan Seks

SEBUAH hasil studi mengatakan bahwa Facebook dan Twitter ternyata lebih menarik apabila dibandingkan dengan seks bagi mereka yang memang tenggelam dalam gaya hidup yang tidak bisa lepas dari internet.

Jajak pendapat selama seminggu yang dilakukan di Jerman oleh University of Chicago Booth School of Business telah mengklasifikasikan dan memeriksa tweet jaringan sosial, gambar, komentar dan posting lainnya. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa kedua media social tersebut jauh lebih kuat  daripada godaan untuk melakukan seks dan merokok.

“Keinginan untuk menolak media mungkin relatif  lebih sulit karena memang saat ini ketersediaan dan kebutuhan terhadap internet lebih tinggi. Bahkan, mereka juga menilai bahwa bercengkrama dengan media social juga tidak  memerlukan biaya yang banyak,” terang Wilhelm Hofmann, penulis utama studi tersebut seperti dikutip Los Angeles Times.

Orang-orang mulai dari usia 18-85 tahun  juga turut ikut bepolling dengan menggunakan smartphone mereka untuk secara teratur memperbarui data peneliti dan  memeriksa dengan komunitas online. Peserta penelitian juga diminta untuk mengukur keinginannya untuk seks, alkohol, rokok, atau hal  lainnya.

Akhirnya memang disimpulkan bahwa mencoba untuk bisa menghindari dari Facebook, Twitter atau jejaring sosial lainnya ternyata cukup sulit. Penelitian ini juga mengungkapkan ketergantungan terhadap media social sudah mengakibatkan kecanduan. (cha/jpnn)