Faber Castell Ajarkan Teknik Origami

YouTube video

Bengkulu Ekspress- Faber Castell menggelar workshop yang diikuti ratusan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Hotel Madeline, Kota Bengkulu, kemarin (21/1).

Dengan mengangkat tema “Seni Melipat Kertas sebagai Media Belajar yang Menyenangkan”, workshop ini menghadirkan pemateri Creative Development Faber-Castell, Maulidin Taufiq. Sekaligus dikenalkan produk-produk Faber Castell yang terus berinovasi sesuai permintaan pasar dan aman bagi anak-anak.

Koordinator Promosi Faber Castell se-Sumbagsel, Safrida menuturkan, workhsop bagi tenaga pendidik ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin diadakan Faber Castell. Kegiatan ini untuk meningkatkan kreatifitas para pendidik di Bengkulu.

Dilibatkanya para guru, karena peranan guru menjadi sangat penting dalam mendorong kreativitas anak, karena keseharian anak lebih banyak dihabiskan di lingkungan pendidikan, dan guru merupakan garda terdepan dalam pendidikan. Oleh karena itu, Faber-Castell mendorong keterlibatan guru untuk lebih kreatif sehingga bisa disalurkan kepada murid-murid.

“Oriantesi Faber Castell bukan sekedar bisnis, juga berkosentrasi bagaimana mengedukasi sehingga melibatkan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan dalam mengarahkan dan mengaplilasikan ilmu yang diperoleh untuk ditularkan ke peserta didik,” jelasnya.

Dibeberkannya, workshop sehari tersebut para guru diajak mengenal jauh produk Faber Castell dan diberikan teknik-teknik menggambar dari pola dasar, teknik mewarnai menggunakan connector pen dari castel dan crayon oil pastel Faber Castell. Para guru juga diajarkan lebih kreatif dengan seni melipat kertas atau lebih dikenal dengan kerajinan origami.

Berkesenian origami sendiri dipercaya memiliki manfaat, meningkatkan kemampuan berpikir, menumbuhkan kreativitas, dapat membantu mengembangkan kemampuan motorik halus sejak dini, melatih kemampuan spasial dan proposional hingga siswa nantinya dituntut untuk belajar menemukan solusi.

Workhsop dengan tenaga pendidik untuk lebih berkreasi agar lebih menghasilkan kreatifitas yang baru dengan seni mewarnai dengan konektor pen dan origami yang bisa direaliasikan ke peserta didik.

“Selama ini kreatif hanya mewarnai dengan dimensi warna, dalam workshop ini diajarkan teknik-teknik menggambar maupun cara melipat untuk menghasilkan objek yang sempurna,” katanya.

Di Sumatera, kegiatan ini dilakukan di 5 wilayah, yakni Bengkulu dan akan dilanjutkan di Linggau, Jambi, Palembang pada 26 Januari mendatang dan ditutup di Bangka. Workshop ini dikuti 150 guru/kepala PAUD. Peserta yang datang untuk mengasah ilmu yang telah didapat. Mereka diberikan sertifikat serta godybag yang berisi perlengkapan materi workshop, seperti crayon, kertas gambar, dan kertas origami.

Untuk diketahui, Faber Castell adalah salah satu produsen pena, pensil, perlengkapan kantor seperti stapler, mistar hitung, penghapus, penggaris, dan perlengkapan seni, serta peralatan tulis kelas atas dan barang kulit mewah.(247)