Event Jabu Dimulai

Dr Haryadi SPd MM MSi
Dr Haryadi SPd MM MSi

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Hari ini Sabtu (1/12), event Jelajah Alam Bengkulu Utara (JABU) yang bertaraf nasional diselengarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) dengan leading sektor Dinas Pariwisata dimulai. Pelaksanaan JABU digelar selama dua hari, yakni dari tanggal 1 hingga 2 Desember 2018.
Sekda Bengkulu Utara, Dr Haryadi SPd MSi mengajak, para masyarakat di Bengkulu Utara untuk menyaksikan dan mengikuti event tersebut.

“Bagi masyarakat Bengkulu Utara jangan lupa untuk menyaksikan agenda akbar ini, bersama-sama kita memeriahkan dan menyukseskan kegiatan ini,” katanya.

Sekda menambahkan, dalam event akbar ini ada dua kategori, yakni motor trail dan mobil offroad. Untuk motor trail diikuti hingga saat ini pendaftar berjumlah 450 peserta. Sedangkan untuk mobil offroad dikuti 130 peserta yang merupakan komunitas mobil offroad di Bengkulu Utara dan se-Sumbagsel. “Antusias peserta untuk mengikuti ajang ini sangat luar biasa, terbukti dari jumlah peserta yang mendaftar baik motir trail dan mobil offroad mencapai kurang lebih 500 peserta,” ungkap Sekda.

Sekda menyampaikan, bahwa pihak panitia sengaja membatasi jumlah peserta. Pasalnya, takut tidak mampu menampung dan mengendalikan jumlah peserta yang membludak mendaftar. Karena event ini belum pernah terjadi, apalagi diwilayah Sumatera peserta mencapai hampir 500 lebih.

“Ini sangat luar biasa, dan ini merupakan usaha dari pihak panitia dan pihak Pemkab Bengkulu Utara yang sangat antusias dalam menyelenggarakan event akbar ini,” terangnya.

Sekda berharap, agenda ini akan menjadi agenda rutin.”Insya Allah ini akan menjadi event nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Pemkab Bengkulu Utara,” harapnya.Untuk diketahui rute yang akan dilintasi para trail dan offroad ini akan mengelilingi wilayah wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Untuk rute motor trail mulai dari alun alun menuju Desa Talang Denau masuk ke wilayah hutan Gunung Selan, hingga finis kembali ke alun alun. Sedangkan untuk rute mobil offroad pun sama untuk dihari pertama mulai starnya dari alun-alun menuju ke Desa Sumber Rejo masuk lagi kedalam sana hingga finis ke alun-alun lagi. Di hari keduanya kembali star menuju rute yang telah ditentukan dan finis ditempat yang sama,” pungkas Sekda. (127)