Event Bengkulu Triathlon Lima Zona Jalan Ditutup

EKO/Bengkulu Ekspress
FINALISASI: Rapat finalisasi event Bengkulu Triathlon tahun 2018 di Kantor Gubernur Bengkulu, Kamis (20/12).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Event Bengkulu Triathlon tahun 2018 akan digelar besok tanggal 22 Desember. Sejumlah ruas jalan akan ditutup semantara, sampai event Bengkulu Traitlhon selesai digelar. Ada lima zona jalan yang akan ditutup sementara oleh Polres Bengkulu. Zona jalan itu meliputi, wilayah depan Hotel Pantai Panjang hingga Berkas. Lalu, kawasan Pantai Zakar, Pasar Bengkulu sampai Sungai Hitam, kawasan Tapak Padri dan kawasan simpang wisata hingga bundaran Dekranasda.

Kasat Lantas Polres Bengkulu, AKP Agis Arya Denawan SIK mengatakan, penutupan jalan itu akan dilakukan dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. “Jadi kita tutup sementara sampai acara selesai,” terang Agis kepada Bengkulu Ekspress, usai mengikuti rapat finalisasi persiapan Bengkulu Triathlon di Kantor Gubernur Bengkulu, kemarin (20/12).



Dikatakannya, jalan yang ditutup sementara itu, diharapkan masyarakat tidak melintas dilokasi tersebut. Agis juga mengatakan, pihak kepolisian yang mengamankan ruas jalan akan memberikan arahan jalan alternatif yang bisa digunakan. Sehingga masyarakat atau pengendera tidak terganggu.  “Kami meminta masyarakat bisa memberikan pengertiannya,” tambahnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi Jantan MPd mengatakan, masyarakat diminta untuk bisa ikut mensukseskan event tahunnan tersebut. Termasuk untuk tidak melintas jalan yang memang sudah ditutup, saat berlangsungnya perlombaan tersebut.

“Silahkan datang dan tonton. Kita sama-sama jalan lintasan dan ikuti arahan dari pihak keamanan,” terang Meri.

Untuk peserta, sampai saat ini sudah ada sektiar 200 peserta dari 11 provinsi di Indonesia. Tidak hanya itu, atlet dari 5 negara ini berasal dari Algeria, Portugal, Rusia, Inggris (UK) dan Amerika Serikat (USA) juga telah ikut mendaftar sebagai peserta. Meri meminta, masyarakat bisa ikut menjaga agar tetap beberikan kesan terbaik oleh para atlet dari luar tersebut. Karena dengan hadirnya atlet dari luar itu, akan memancing wisatawan datang ke Bengkulu.  “Kalau sikap kita baik. Maka itu akan dicerikannya ke negara asal oleh para atlet itu. Jadi tentu cerita baik itu akan memancing orang bisa datang ke Bengkulu,” tambahnya.

Sementara itu, Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) M Andri Wahyu Sudrajat menegaskan, saat ini persiapan sudah sampai 90 persen. Semua panitia telah memahami tugas masing-masing. Tinggal lagi persiapan teknis dilapangan akan dimatangkan.  “Besok uji trek lintasan. Semoga peserta dapat memahami dan acara kita berjalan sukses,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Triathlon sendiri merupakan jenis olahraga 3 disiplin, yaitu renang, bersepeda dan lari dan merupakan salah satu olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Titik starnya akan dimulai dari start renang berada di Kawasan Pantai Sungai Hitam, kemudian dilanjutkan bersepeda dengan rute jalan kawasan wisata Pantai Panjang hingga ke Pusat Kota melintasi objek-objek wisata sejarah seperti Benteng Marlborough, Rumah Bung Karno dan Rumah Ibu Fatmawati serta rute lari di kawasan Kampung Bali melintasi Makam Sentot. (151)