Evaluasi Penyaluran Rasmie, Pemkot Prioritaskan Masyarakat Miskin

FOTO IMAN/ BE – Walikota Bengkulu Helmi Hasan memberikan rasmie secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa luar Kota Bengkulu, Rabu (29/4).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu akan segera mengevaluasi penyaluran beras dan mie instan bagi masyarakat terdampak covid-19. Pasalnya berdasarkan dengan instruksi pemerintah pusat melalui Mendagri untuk menyalurkan bantuan rasmie sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Ada 3 kriteria yang dimaksud yakni warga memiliki resiko sosial seperti keluarga miskin (kurang mampu), pekerja informal atau harian yang juga terdampak resiko sosial, dan individu atau masyarakat yang memiliki resiko sosial akibat dampak Covid –19. Untuk menyesuaikan instruksi tersebut, pemerintah kota pada penyaluran rasmie gelombang kedua akan memprioritaskan masyarakat miskin terlebih dahulu untuk diberi bantuan.

“Sesuai instruksi Mendagri, kita meluruskan penyaluran rasmie di tahap pertama dan akan ada sedikit perubahan. Kita prioritaskan 3 kriteria sesuai instruksi Mendagri. Jika semua ke 3 kriteria ini selesai, baru kita tanpa terkecuali,” ucap Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Jumat (8/05).

Penyesuaian tersebut dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman atau hal-hal yang berbenturan antara kebijakan pemerintah pusat dan daerah. Mekanisme pembagiannya sendiri juga sama seperti tahap awal, di akhir pekan dan berurutan sesuai jadwal awal lalu. (Imn)