Es Krim dari Daun Gedi

es krim
1. Endang/Bengkulu Ekspress
Salah seorang siswi SMP IT Generasi Rabbani menunjukkan es krim dari Daun Gedi yang mereka buat saat mengikuti lomba penelitian ilmiah remaja tingkat SMP se-Kota Bengkulu, di Hotel Kemuning Resto, kemarin (30/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dua siswi SMP IT Generasi Rabbani, Kota Bengkulu, berinovasi membuat es krim Daun Gedi yang bisa menjadi suplemen meningkatkan nafsu makan anak. Inovasi itu dipresentasikan Raudhatul Jannah dan Ditya Febrianti, saat lomba penelitian ilmiah remaja tingkat SMP se-Kota Bengkulu, di Hotel Kemuning Resto, kemarin (30/8).

“Ide inovasi membuat es krim dari bahan Daun Gedi ini. Karena kami penggemar es krim, makanya terpikir daun ini kita buat es krim. Sebagai penikmat es krim, tak jarang kerap mengalami kurang enak badan. Selain itu, kami, melihat penurunan kesehatan anak-anak disebabkan kurangnya nutrisi yang dikonsumsi,” cetusnya.

Dibeberkan Raudhatul Jannah, Daun Gedi memiliki ciri hampir sama dengan daun ubi itu, sejenis tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran di Manado. Daun Gedi aman dikonsumsi. Hanya saja di Bengkulu, daun ini masih cukup asing dan belum dimanfaatkan. Di Bengkulu, daun gedi tumbuh bebas dan belum banyak dimanfaatkan.



Dia berharap karya inovasi dalam karya ilmiah ini menjadikan manfaat Daun Gedi lebih familiar dan berkontribusi dalam peningkatan gizi masyarakat Bengkulu, serta bisa dikomersilkan nantinya. Pemilihan Daun Gedi sebagai bahan utama es krim. Karena memiliki kandungan manfaat yang sangat beragam.

Daun Gedi mengandung vitamin A dan C, kalsium, asam folat, zat kolagen, riboflavin sehingga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan itu, selain meningkatkan kekebalan tubuh, juga sebagai suplemen penambah nafsu makan,menyehatkan mata, menurunkan kadar kolesterol, memperlancar pencernaan dan banyak lagi.

”Es krim dipasaran banyak kandungan bahan berbahaya yang bisa merusak tubuh. Dengan adanya es krim Daun Gedi justru memberikan manfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin C yang ada didalamnya membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jika dikonsumsi rutin sudah membantun sistem imun sehingga tidak gampang sakit,” ucapnya. (247)