Erosi Sungai Selagan Mukomuko Semakin Mengganas

ilusterasi

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Erosi sungai selagan di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Teras Terunjam dan beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Mukomuko makin mengganas. Tidak hanya permukiman penduduk yang terancam, namun situs Benteng Anna. Meskipun bencana alam itu terjadi sejak lama, akan tetapi hingga saat ini belum ada penanganan khusus yang dilakukan oleh pihak terkait.
Camat Kota Mukomuko, Ali Nasri mengatakan, masyarakat di Kelurahan Koto Jaya dan sekitarnya terus dihantui kekhawatiran ancaman erosi yang terus menggerus. Untuk itu, ia berharap, pihak – pihak terkait segera mengambil langkah – langkah untuk penanggulangan erosi tersebut.
“Termasuk cagar budaya Benteng Anna yang tinggal puing-puing. Jika tidak ditanggulangi, maka tidak menutup kemungkinan akan terjun ke sungai,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Teras Terunjam, Subaryadi menyampaikan, akibat erosi sungai Selagan, tidak hanya puluhan rumah penduduk nyaris terjun ke sungai, namun jembatan dan musala juga terancam. Camat mengaku, telah mengajukan proposal permohonan penanggulangan erosi sungai di wilayah kerjanya tersebut kepada pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera VII Bengkulu. Namun hingga tahun 2021 ini, belum ada informasi akan dilakukan pembangunan penanggulangan erosi.
“Belum ada informasi akan dibangun,” bebernya.

Camat juga menyampaikan, telah menyampaikan permohonan ke Pemkab Mukomuko dengan harapan bisa membantu melakukan penanggulangan erosi sungai meski itu bersifat sementara. “Harapannya permohonan dapat direalisasikan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya. (end)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*