Erosi Sungai Muar Mukomuko Semakin Mengkhawatirkan


BUDI/BE
Plt Bupati Mukomuko ketika meninjau ancaman erosi sungai Muar yang mengancam rumah warga di Kecamatan Ipuh.

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Belum adanya penanganan serius dari pihak terkait, membuat sejumlah rumah milik warga yang berada di bantaran aliran
Sungai Muar Desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh semakin mengkhawatirkan dan nyaris terjun ke sungai. Erosi Sungai Muar yang dikeluhkan warga setempat,mengundang keperihatinan Pemkab Mukomuko. Rabu (13/10), Plt Bupati Kabupaten Mukomuko, Haidir bersama jajarannya langsung meninjau lokasi erosi. Haidir menegaskan, akan segera mencari solusi untuk penanganan. “Pemkab segera mencari solusi terhadap permasalahan longsor supaya tidak berdampak lebih parah dan memakan korban jiwa,” katanya.

Ia juga menyampaikan, untuk merealisasikan pembangunan pembatas tebing sebagai upaya pencegahan terjadinya longsor ke Sungai Muar, butuh anggaran yang cukup besar. Dan dalam waktu singkat, Pemkab Mukomuko akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera VII Bengkulu. Sebab, lanjutnya, untuk penanganan bencana longsor atau erosi sungai yang ada di Kabupaten Mukomuko, menjadi tugas dan tanggungjawab pihak Balai.
“Pemkab Mukomuko hanya menyampaikan laporan kondisi yang terjadi saat ini. Sedangkan penanganannya berada di kementerian melalui satkernya masing-masing. Harapannya, dalam waktu dekat ada upayapembangunan pencegahan terjadinya bencana erosi Sungai Muar ini,” ungkapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*