Erna vs Linda Adu Elektabilitas

Kiri-Kanan: Patriana Sosialinda - Erna sari Dewi
Kiri-Kanan: Patriana Sosialinda – Erna sari Dewi

Dua Srikandi Menuju BD 1 A

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Meski memiliki popularitas tinggi dan modal 5 kursi di DPRD Kota Bengkulu, tak menjamin perjalanan Ketua DPRD Kota, Erna Sari Dewi SE mulus menjadi Calon Walikota Bengkulu 2018 mendatang.

Sebab, Wakil Walikota saat ini, Ir Patriana Sosialinda masih diperhitungkan kiprahnya karena memiliki elektebilitas dan popularitas yang cukup baik di masyarakat.

Pilwakot Bengkulu 2018Pengamat Politik Universitas Bengkulu (Unib), Drs Heri Supriyanto MSi mengatakan, partai politik akan melihat siapa bakal calon kepala daerah yang punya popularitas dan elektabilitas tinggi berdasarkan hasil survei.

“Tentu parpol akan memiliki calon kepala daerah yang punya popularitas dan elektabilitas tinggi dari hasil survei untuk maju ke bursa pencalonan,” ujar Heri kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (15/9).

Menurut Heri, hal tersebut lantaran partai tidak akan mengusung calon yang kalah dalam setiap pertarungan. Parpol tentu mengaharapkan calon yang diusung memiliki potensi untuk menang.

“Survei jadi penentu partai untuk mengusung calon karena tidak ada parpol yang ingin calonnya kalah,” tutur Heri.

Heri melanjutkan, parpol yang mengusung kader internalnya pada Pilkada serentak nanti akan bisa mengukur sejauhmana partai punya pemilih fanatik di masyarakat.

“Parpol bisa mengukur kemenangan kader lewat kontestasi Pilkada serentak nanti,” lanjut Heri.

Heri mengungkapkan, selain memiliki popularitas di masyarakat, Erna Sari Dewi memang memiliki modal 5 kursi di DPRD Kota sehingga telah memiliki modal besar, karena hanya membutuhkan 2 kursi lagi.

Sebab, lanjut Heri, berdasarkan hasil survei sejauh ini Linda masih sangat dikenal baik oleh masyarakat, terlebih lagi Linda merupakan salah satu incumbent terkuat dan juga memiliki modal 4 kursi di DPRD Kota.

“Modal yang dimiliki Linda juga sama kuat dengan Erna Sari, oleh karena itu masih patut dipertimbangkan siapa yang akan melaju.

Elektabilitas di publik yang menjadi penentu siapa yang akan dilirik PKB,” lanjut Heri.

Terakhir Heri mengungkapkan, siapapun yang menjadi calon yang dipilih nantinya diharapkan membawa perubahan menjadikan Bengkulu lebih baik ke depan jika menangi Pilkada.

“Siapapun nanti yang dipilih harapannya membawa kemajuan Bengkulu. Siapapun calonnya yang jelas yang dipilih masyarakat adalah dia dengan elektabilitas yang tinggi dan dikenal baik masyarakat,” tukasnya.(999)