Epson Kampenyakan Tetap Produktif Walaupun Kerja di Rumah

JAKARTA, bengkuluekspress.com – Saat Ini Indonesia sedang mengalami situasi yang sulit akibat wabah corona. Ketika banyak perusahaan berjuang menghidupi bisnisnya akibat pandemi COVID-19 disitu lah teknologi memiliki peran penting untuk membantu menjaga agar para staf perusahaan tetap aman dan sehat, sekaligus memastikan mereka tetap efisien dan produktif. Epson, dalam hal ini perusahaan yang terdampak Covid-19, membagikan pandangan mereka usai melewati tahun fiskal pertama.

Dalam acara Media Gathering lewat aplikasi Zoom, awak media diberikan pemaparan ringkas dan terperinci mengenai bisnis dan tantangan yang mereka hadapi di tengah Covid-19 yang belum mereda. Tidak lupa, Hidemasa Ishii, Managing Director Epson Indonesia, yang juga hadir dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih atas dukungan teman-teman media, hingga saat ini Epson masih menjadi pemimpin (no.1) untuk printer dan proyektor.

“Data GFK, Maret – April 2020, penjualan kami mulai mengalami penurunan, rinciannya dari 85 ribu turun menjadi sekitar 50 ribu. Sementara penjualan online meningkat, yakni sebanyak 23%. Kondisi ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kontribusi online meningkat signifikan, tapi kenaikan dari online belum bisa menutup overall drop yang kami hadapi di market offline,” kata Ishii-san yang diperkuat oleh Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia.

Riswin kembali menjelaskan, meski di tengah kondisi pandemi Epson tumbuh sekitar 111% di April – Maret, proyektor mulai berkembang dan printer untuk industri besar menyumbang 7%. Tren yang ada, kata Riswin, meningkatnya penjualan online dan promosi online terkait WFH.

Riswin kembali menjelaskan, meski di tengah kondisi pandemi Epson tumbuh sekitar 111% di April – Maret, proyektor mulai berkembang dan printer untuk industri besar menyumbang 7%. Tren yang ada, kata Riswin, meningkatnya penjualan online dan promosi online terkait WFH. Ke depannya nanti kita aku coba memaksimalkan untuk kebutuhan home service bagi pelanggan setia Epson.

Nolly Dhanurendra Head of Marcomm and Public RelationsPT Epson Indonesia, menyatakan bahwa perusahaan telah mendorong penjualan di beberapa area seperti e-commerce, dan toko-toko di daerah (yang belum diterapkan PSBB). Selain itu, Epson juga menggelar virtual event, seperti online roadshow. Kegiatan Epson melalui kampanye online akan merujuk pada website Epson.

“Pelanggan bisa masuk ke area event, nanti akan ada shopping voucher. Kami masukkan sejumlah mitra kami, nanti pelanggan tinggal men-tap dan langsung berhubungan dengan mitra kami,” jelas Nolly.

Online roadshow baru akan berjalan pekan depan dan ini kegiatan pertama Epson untuk online roadshow  Untuk online roadshow bulan Juni (khusus printer) diikuti oleh 11 partner Epson dari seluruh Indonesia. Adapun benefit untuk partner, Epson akan memberikan program sales tambahan khusus selama program ini

“Kami cukup fleksibel, dinamis tergantung kondisi dan keadaan, karena di awal tahun kita (Apr-Jun) ada Covid-19, makanya banyak kegiatan di online, tapi untuk kedepannya kita akan menyesuaikan,” kata Nolly.

Menyinggung soal kontribusi Epson di online yang baru hanya 23%, berbanding 77% offline, kesulitan yang dihadapi menurut Nolly adalah dari habit user. Mereka masih lebih nyaman membeli produk Epson di offline, karena bisa lihat, pegang dan coba langsung sebelum membeli.

Sementara itu Director Finance & Corporate Service PT Epson Indonesia M. Husni Nurdin berharap wabah ini cepat berlalu. “Dengan adanya wabah ini sudah pasti akan berdampak pada bisnis Epson Indonesia. Untuk itu mari kita bantu pemerintah untuk hidup bersih dan melakukan social distancing guna memutus mata rantai penyeberan virus dan kita bisa kembali beraktifitas secara normal,” tutupnya.(edo)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*