Kepala Dispertan Kaur Pastikan Stok Racun Hama Aman

Kepala Dispertan Kaur Nasrul Rahman SHut

BINTUHAN,BE – Memasuki musim panen padi Desember 2020 ini. Sejak awal bulan Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur, sudah menyiapkan berbagai racun hama tanaman. Mulai dari racun tikus, racun ular, belalang, walang sangit wereng (insektisida). Hingga racun (Pungsida) yakni racun jamur dan lain sebaginya. Ketersediaan racun hama dipastikan aman.

“Untuk stok kita aman saat ini sudah siap digudang, siap kita distribusikan,” kata Kepala Dispertan Kaur Nasrul Rahman SHut pada BE. Dikatakan Nasrul, untuk saat ini petani tak perlu kuatir jika hama tersebut benar-benar mengganggu, maka petani dapat mengajukan permohonan obat-obatan. Nanti petugas penyuluh lapangan (PPL) bersama dengan Petugas Penyuluh Kecamatan (PPK) melakukan pengecekan. Bila memang ada hama merusak tanaman racun langsung didistribusikan ke petani.”Intinya kalau ada permintaan akan kita kirimkan, obat-obatan ini lengkap di gudang,” katanya.

Ditambahkannya, ia meminta petani cepat menyampaikan keluhan bila tanamannya memang mengalami serangan penyakit atau jamur. Sehingga dapat pula ditangani dengan cepat.

“Tahun ini juga berbagai bantuan kita salurkan mulai dari bibit padi hingga bantuan alisintan juga sudah kita salurkan untuk membantu petani,” tandasnya.(618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*