Entaskan Kemiskinan Melalui Zakat

APRI- Bupati Salurkan Zakat ke Baznas
APRI/Bengkulu Ekspress
Bupati Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, Ir Mian saat menyalurkan zakat melalui Baznas Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkuludi Gedung Balai Daerah Arga Makmur, kemarin (24/5).

ARGA MAKMUR BENGKULU UTARA, Bengkulu Ekspress– Bupati Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkuluagar membayarkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal itu untuk membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

‘’ASN harus menyalurkan zakat melalui Baznas. Ini sudah kita lalui dengan melakukan sosialisasi kepada para ASN di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Walaupun masih tertatih-tatih, tapi progresnya jalan,’’ ujar Bupati kepada Bengkulu Ekspress ditemui usai acara penyaluran zakat di Gedung Balai Daerah, Arga Makmur, kemarin (24/5).

Bupati menjelaskan, pemungutan zakat secara umum yang dilakukan ini merupakan arahan langsung Presiden RI. Bahkan, hari ini (kemarin, red) mulai dari Istana Negara, Sekretariat Kabinet, Sekretariat Negara, para Menteri dan Lembaga, Provinsi hingga Kabupaten/Kota dilaksanakan secara serentak di Indonesia. ‘’Dengan momentum dalam bulan suci Ramadan ini, kita lakukan pemungutan zakat secara serentak di Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara,’’ ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan, penyaluran zakat di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, jika dikumpulkan secara keseluruhan, maka jumlahnya dalam satu tahun bisa mencapai Rp 5 Miliar. Untuk itu, menjadi tugas bersama membantu Baznas memberikan pengertian mengenai kewajiban membayar zakat tersebut.

‘’Saat ini, Baznas sudah mengumpulkan sekitar Rp 200 juta. Bahkan, sebagian sudah disalurkan langsung kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Maka, kita harapkan zakat di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu dapat terkumpul secara maksimal,’’ terangnya.

Bupati menyebutkan, dalam penyaluran zakat kepada masyarakat nantinya diharapkan tidak hanya berupa untuk konsumsi saja. Namun, dapat menjadi suatu usaha bagi masyarakat yang menerimanya. Tujuannya, agar dapat menjadi ekonomi produktif bagi masyarakat yang kurang mampu menjadi lebih baik. Untuk itu, perlu dikolaborasikan dengan program pemerintah pusat dan daerah. ‘’Berangkat dari niat yang tulus. Insya Allah, secara berlahan tapi pasti bisa terwujud masyarakat Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu yang lebih maju dan sejahtera,’’ tuturnya.

Terpisah, Ketua Baznas Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, HM Soekotjo SPd menjelaskan zakat yang telah terkumpul lebih dari Rp 200 juta sudah disalurkan kepada 782 warga yang membutuhkan. Namun, sasaran Baznas lebih banyak untuk membantu anak-anak agar dapat meneruskan pendidikan.

‘’Sasarannya lebih dominan pada pendidikan. Kita tidak ingin, ada anak yang putus sekolah lantaran tidak mempunyai biaya. Disamping itu, juga ada program bedah rumah, bantuan sapi dan bentuk bantuan lainnya,’’ pungkasnya.(816)