Enam PKBM Siap, Gelar UNBK

Foto : Ist

CURUP, Bengkulu Ekspress – Sebanyak enam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditahun 2019 ini. Enam PKBM tersebut baik akan melakukan ujian paket C atau setara SMA maupun paket B yaitu setara SMP. “Tahun ini ada enam PKBM di Kabupaten Rejang Lebong ini yang akan melaksanakan UNBK,” sampai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, T Samuji SPd MM melalui Kepala Bidang PAUD dan PNF, Dra Meli Resmani MSi, Selasa (26/3) kemarin.

Keenam PKBM yang akan melaksanakan UNBK tersebut, menurut Pipit sapaan akrab Meli Resmani adalah PKBM Wijaya Kusuma, PKBM Sekar Wangi, PKBM Bina Sejahtera, PKBM Ratu Rafa, PKBM Mitra Jaya dan PKBM Mandiri. Dimana untuk pelaksanaan UNBK sendiri menurut Pipit akan dilaksanakan atau menumpang di SMAN 2 Rejang Lebong.

“Untuk pelaksanaan UNBK sendiri, akan kita laksanakan dengan menumpang di SMAN 2 Rejang Lebong sama seperti yang kita lakukan tahun lalu,” paparnya.

Kemudian untuk peserta UNBK paket tahun 2019 di Rejang Lebong sendiri, menurut Meli adanya sebanyak 275 orang yang terdaftar sebagai peserta UNBK dengan rincian 95 orang mengikuti paket B dan 180 mengikuti paket C.
Kemudian dari masing-masing PKBM yang akan mengikuti UNBK yaitu 18 orang untuk paket B dan 55 orang untuk paket C dari PKBM Wijaya Kusuma. Selanjutnya 5 orang untuk paket B dan 11 orang untuk paket C dari PKBM Sekar Wangi. Kemudian dari PKBM Bina Sejahtera yaitu sebanyak 33 orang akan mengikuti ujian paket B dan 36 orang akan mengikuti ujian paket C.

Kemudian untuk dari PKBM Ratu Rafa ada 24 orang dengan rincian 8 orang mengikuti ujian paket B dan 16 orang mengikuti ujian paket C. Selanjutnya ada 32 orang dari PKBM Mitra Jaya dengan rincian 10 orang mengikuti ujian paket B dan 22 orang akan mengikuti ujian paket C. Sementara itu dari PKBM Bina Mandiri akan diikuti oleh 61 orang dengan rincian 21 orang dari mengikuti ujian paket B dan 40 orang mengikuti ujian paket C.



“Ujian paket ini nanti akan kita laksanakan selama 6 hari, yaitu untuk paket C akan kita laksanakan dari tanggal 12 sampai 16 April mendatang, sedangkan untuk Paket B akan dilaksanakan dari tanggal 11 sampai 15 Mei mendatang,” tambah Pipit.

Dalam pelaksanaan UNBK untuk ujian paket ini sendiri, menurut Pipit dalam seharinya bisa dilakukan hingga tiga sesi. Dalam menghadapi UNBK tahun 2019 ini, Pipit mengaku PKBM telah menyiapkan para siswanya untuk menghadapi UNBK. salah satu persiapan yang dilakukan PKBM yaitu dengan melaksanakan simulasi pelaksanaan UNBK dimasing-masing PKBM yang ada di Rejang Lebong. “Sebelumnya kita telah melaksanakan simulasi UNBK yang dilaksanakan dimasing-masing PKBM yang akan melaksanakan UNBK,” paparnya.

Kemudian menurut Pipit, dengan keenam PKBM yang ada di Rejang Lebong yang melaksanakan UNBK, maka menurutnya seluruh PKBM di Kabupaten Rejang Lebong telah melaksanakan UNBK, karena memang hanya enam PKBM tersebut yang memiliki siswa yang akan mengikuti UNBK.(251)