Enam Formasi CPNS 2019 Maksimal Usia 40 Tahun


FOTO:JPG
Pelamar CPNS 2019 mendatang dibolehkan berusia 40 tahun.

JAKARTA, Bengkulu Ekspress – Pada pendaftaran CPNS 2019 nanti, salah satu syarat yang perlu diperhatikan adalah usia maksimal calon pelamar. Pelamar CPNS 2019 mendatang dibolehkan berusia 40 tahun. Hal tersebut tetuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2019 pada 3 Juli 2019 lalu.

Dalam Keppres tersebut, pemerintah memberikan peluang bagi lulusan Strata 3 (Doktoral) dengan batas usia paling tinggi 40 tahun untuk menjadi CPNS menempati jabatan-jabatan tertentu. Jabatan yang dimungkinkan untuk pelamar berusia 40 tahun tersebut antara lain Dokter, Dokter Gigi, Dokter Pendidik Klinis, Dosen, Peneliti, dan Perekayasa.

Disebutkan, bagi jabatan Dokter dan Dokter Gigi dengan kualifikasi dokter spesialis dan dokter gigi spesialis.Sementara, jabatan Dosen, Peneliti, dan Perekayasa kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktoral). “Untuk jabatan Dokter dan Dokter Gigi dengan kualifikasi dokter spesialis dan dokter gigi spesialis,” bunyi diktum kedua Keppres tersebut.

Sedang untuk jabatan Dosen, Peneliti, dan Perekayasa, menurut Keppres ini, kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor).“Usia pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil dihitung saat melamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil,” bunyi diktum KELIMA Keppres ini, pada rilis BKN.

Sementara itu berdasarkan rilis resmi BKN Nomor: 085/RILIS/BKN/X/2019 tertanggal 1 Oktober 2019, total formasi yang akan dibuka sebanyak 197.111, dengan perincian: 37.854 formasi untuk kementerian/lembaga, 159.257 formasi untuk daerah. Formasi tersebut di antaranya termasuk untuk dosen, peneliti, dan perekayasa.

Namun demikian, Mohammad Ridwan, Kepala Humas BKN, melalui rilis resmi lembaga itu menyatakan angka tersebut masih dalam tahap finalisasi hingga saat ini.”Formasi kementerian dan/atau lembaga harus sesuai dengan skema kabinet yang baru pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang,” jelas Ridwan melalui siaran resmi tersebut.

Sebelumnya, pada rekrutmen CPNS 2018, pendaftaran peserta terintegrasi secara nasional melalui satu portal resmi milik Badan Kepegawaian Negara ( BKN), sscn.bkn.go.id. Meski masih beberapa minggu lagi menjelang akhir Oktober 2019, antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mendaftarkan diri sebagai abdi negara.Situs SSCN mulai ramai dikunjungi mereka yang mencari tahu informasi seputar CPNS 2019. (jpg)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*