Enam CJH Batal Berangkat

Bakti/Bengkulu EkspressKepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs H Bustasar MS MPd bersalaman dengan CJH asal Kabupaten Benteng usai membuka manasik haji di Masjid Al-Mujahidin, kemarin (13/6).

BENTENG, Bengkulu Ekspress– Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar kegiatan manasik kepada seluruh calon jemaah haji (CJH) di Masjid Al-Mujahidin Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat, Kamis (13/6).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Benteng, H Sipuan SAg MM melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Dr Rusman Saleh MPd mengatakan, manasik ini merupakan persiapan terakhir jelang keberangkatan 12 Juli 2019 mendatang. “Manasik akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni 12-13 Juli,” kata Rusman.



Secara keseluruhan, kuota CJH untuk Kabupaten Benteng tahun 2019 ini berjumlah 109 orang. Terdiri dari 92 orang kuota awal dan ditambah dengan 17 orang CJH tambahan. Akan tetapi, dari 17 orang CJH tambahan tersebut, 6 orang diantaranya batal berangkat karena berbagai alasan.

Meliputi, 3 orang CJH berhalangan karena sakit dan 3 orang lagi batal berangkat karena tak menyetorkan uang biaya pelunasan ibadah haji (BPIH). “Total CJH yang akan diberangkatkan sebanyak 103 orang,” terangnya. Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs H Bustasar MS MPd memberikan apresiasi kepada Kantor Kemenag Benteng yang telah menfasilitasi pelaksanaan manasik haji sebagai bukti tanggung tanggung jawab. “Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan hari ini memdapat ridho dari Allah SWT. Para CJH menjadi haji.

Selama menunaikan ibadah haji nantinya, CJH akan mendapat pendampingan dari petugas kloter dan tim medis. “CJH harus kenal dengan petugas. Sehingga, komunikasi bisa berjalan baik dan CJH bisa dilayani dan membina CJH dengan baik. Dimulai dari keberangkatan hingga pulang kembali ke tanah suci” tandasnya.(135)