Empat Wilayah di Rejang Lebong Masuk Zona Oranye Covid-19

-juru bicara Satgas Percepatan Penangangan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM

 

CURUP,bengkuluekspress.com– Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong menyebutkan ada empat daerah di Kabupaten Rejang Lebong masuk zona oranye, yaitu dua kelurahan dan dua desa.
“Hingga hari ini ada empat desa dan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong ini yang masuk dalam kategori zona oranye,” terang juru bicara Satgas Percepatan Penangangan Covid-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM, Senin (21/6).

Dua kelurahan yang masuk zona oranye tersebut adalah Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah dengan total kasus terkofirmasi positif Covid-19 sebanyak 16 kasus. Kemudian Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan sebanyak delapan kasus.
Kemudian untuk dua desa yang masuk zona oranye adalah Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak delapan kasus. Kemudian satu lagi yaitu Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak enam kasus.
“Dari total 156 desa dan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong, selain ada empat zona oranye ada 31 desa dan kelurahan yang masuk zona kuning sedangkan sisanya masih zona hijau,” tamba Syamsir.

Terkait dengan penetapan zona Covid-19 sendiri, menurut Syamsir ditetapkan berdasarkan kriteria yaitu untuk zona hijau tidak ada kasus terkonfirmasi dalam 1 RT. Kemudian untuk zona kuning bila ada satu atau dua rumah dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam satu RT selama tujuh hari terakhir.
Kemudian untuk penetapan zona oranye bila didaerah tersebut terdapat tiga sampai 5 rumah dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam satu RT selama tujuh hari terakhir. Selanjutnya untuk zona merah bila terdapat lebih dari lima rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama tujuh hari terakhir.
“Alhamdulillah saat ini tidak daerah yang kita tetapkan zona merah di Kabupaten Rejang Lebong, kita berharap kedepannya seluruh daerah di Rejang Lebong ini bisa zona hijau kembali,” papar Syamsir.

Untuk bisa kembali ke zona hijau tersebut, syamsir berharap peran serta semua pihaknya untuk terus mematuhi protokol kesehatan yaitu selalu menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari keramaian, mengurangi mobilitas dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
Sementara itu, terkait dengan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Syamsir pada Senin tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Selain tidak ada penambahan kasus baru, Senin kemarin juga ada 16 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh.
Dengan perkembangan tersebut, maka menurut Syamsir hingga Senin kemarin jumlah total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 1.147 kasus, kemudian 1.017 kasus telah dinyatakan sembuh, 22 orang meninggal dunia dan masih ada sebanyak 108 kasus yang masih dalam pengawasan atau masih terkonfirmasi positif Covid-19.(251)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*