Empat Wakil Rektor UMB Dilantik

REWA/Bengkulu Ekspress Rektor UMB, Dr Sakroni MPd melantik 4 wakil rektor UMB periode 2019-2022 di aula lantai 6 kampus IV UMB, kemarin (15/5).

Tingkatkan Kualitas Dosen dan Perbanyak Amal Usaha

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Dr Sakroni MPd melantik empat wakil rektor baru periode 2019-2022 di aula lantai 6 Kampus IV UMB, Rabu (15/5).  Keempat Wakil Rektor yang baru dilantik tersebut yaitu Dr Rifa’i MPd sebagai Wakil Rektor I, Ir Ririn Harini MP sebagai Wakil Rektor II, Dr Susiyanto MSi sebagai Wakil Rektor III, dan Dra Reni Kusmiarti MPd sebagai Wakil Rektor IV.

Dalam sambutannya, Sakroni berharap kepada seluruh wakil rektor yang baru dilantik agar dapat melakukan proses Re-Akreditasi Intitusi serta mendorong peningkatan kualitas dosen dengan cara melakukan penelitian dan penulisan jurnal.”Program itu yang sudah digalakkan dan disampaikan ke dosen sehingga wakil rektor yang baru dilantik tersebut dapat mendukung secara penuh hal tersebut,” kata Sakroni.

Selain melakukan Re-Akreditasi Intitusi dan meningkatkan kualitas dosen, Wakil Rektor juga harus mendukung agar amal usaha UMB semakin berkembang. Bahkan, dalam waktu dekat, UMB akan membangun kantin di depan kampus IV.

Selain itu, UMB juga akan menjadikan kampus III menjadi hotel dan kampus V menjadi Rumah Sakit Muhammadiyah.”Kita berharap amal usaha UMB semakin banyak, dalam waktu dekat kita akan membangun kantin untuk mahasiswa di kampus IV dan di kampus III sudah ada MoU dengan investor terkait pembangunan hotel dan sekarang sudah proses dan tinggal menunggu perizinan dari Pemerintah Kota Bengkulu,” tutur Sakroni.

Selain itu, ia juga berharap wakil rektor yang baru dilantik dapat melaksanakan beberapa agenda yang sudah dirancang, baik jangka pendek maupun panjang. Sehingga apa yang diharapkan oleh Ketua PP Muhammadiyah bisa berjalan dengan baik.

“Secara personal saya sudah menanyakan kepada Wakil Rektor yang baru agar dapat menyelesaikan tugas-tugas yang sudah dirancang dan insya Allah kita bisa sesuai dengan harapan yang sudah disampaikan ketua PP Muhammadiyah,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof Dr Lincolin Arsyad mengatakan, prioritas utama yang dapat dilakukan para wakil rektor dalam jangka pendek ini adalah peningkatan kualitas sumber daya menusia (SDM). Dengan meningkatkan kualitas SDM maka akan membuat UMB semakin hebat dan diperhitungkan di dunia pendidikan.

“Wakil rektor harus segera bekerja, terutama peningkatan kualitas sumber daya manusia, setelah itu baru tata kelola, serta sarana dan prasarana. Karena hal itulah yang mampu membuat UMB berbeda dengan universitas lainnya,” kata Lincolin.

Selain itu, untuk jangka menengah, wakil rektor juga dituntut dapat mendorong pengembangan usaha. Sehingga, pendapatan UMB tidak hanya dari uang SPP mahasiswa. Akan tetapi bisa juga diperoleh dari berbagai sektor usaha yang dikembangkannya.

“Agar UMB semakin maju, amal usahanya juga harus banyak, seperti mendirikan kantin mahasiswa dan lain sebagainya, tujuannya apa, agar incomenya bukan dari SPP mahasiswa saja,” tutupnya.(999)