Empat Sekolah di Kota Bengkulu Terima BOS Kinerja

BENGKULU, BE – Empat sekolah di Kota Bengkulu, menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berbasis kinerja. BOS kinerja ini diberikan pada sekolah swasta dan negeri yang mengalami kesulitan ekonomi terdampak pandemi covid-19.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Benny Rasdiwansyah menuturkan, penetapan sekolah penerima BOS melalui keputusan Mendikbud nomor 582/P/2020 tentang sekolah penerima bantuan operasional Sekolah Afirmasi dan bantuan Operasional Sekolah Kinerja 2020. Empat sekolah penerima BOS kinerja adalah SMP Budi mulia, SMP Pancasila SMP 23 dan SD satu Atap. Alokasi dana BOS kinerja itu Rp 60 juta setiap sekolah.

Empat sekolah itu, dua sekolah swasta dan dua sekolah negeri. Sekolah ini dinilai pemerintah paling rentan, karena siswa yang bersekolah di sana dari keluarga kurang mampu, kemudian menerima dana BOS reguler lebih rendah, serta sekolah yang memiliki proporsi guru tidak tetap lebih besar.

Besaran anggaran tersebut akan segera direalisasikan,dengan cara dikucurkan langsung ke rekening sekolah/satuan pendidikan, agar proses berjalan cepat, sekolah/satuan pendidikan dapat melengkapi persyaratan yang harus diminta.

“Sekarang realisasi kucuran anggaran masih tahap proses. Silahkan sekolah mempersiapkan persyaratan yang diminta,” jelasnya.

Penambahan BOS Kinerja pada sekolah bentuk penghargaan pemerintah terhadap kinerja yang dilakukan satuan pendidikan.

Ia mengingatkan pada sekolah penerima alokasi BOS Kinerja dapat menggunakan anggaran sebaik mungkin. Dana ini tidak dapat digunakan untuk membiayai belanja yang sudah dibiayai dari sumber anggaran lain.  (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*