Empat Paslon Siap Bertarung di Pilkada BS

BUMI: Inilah pasangan terakhir yang akan menjadi penantang petahana pada Pilkada BS, 9 Desember mendatang.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bengkulu Selatan (BS) sepertinya bakal diikuti 4 pasangan calon (Paslon) Kepala Daerah (Kada). Pasalnya untuk jalur perorangan sepertinya tidak ada yang akan ikut. Sebab pasangan terakhir, Yogi Pramadani-Suherman Madjid gagal karena syarat dukungan yang memenuhi syarat (MS) tidak mencapai jumlah syarat minimal.

Untuk jalur partai politik (Parpol) sebelumnya sudah tiga pasang yang dipastikan bakal maju yakni Hartawan-Darmin yang didukung PAN dan PKPI dengan 5 kursi di DPRD BS. Kemudian petahana Gusnan Mulyadi – Rifai Tajuddin yang didukung Nasdem dan Gokar dengan 7 kursi di DPRD BS dan Rika Yohan-Marwan Iswandi yang didukung Demokrat, Perindo dan Bekarya dengan 6 kursi di DPRD BS.

Pasangan terakhir yang bakal maju Pilkada BS yakni pasangan Budiman Ismaun – Helmi Paman. Pasangan terakhir ini bakal diusung PDIP dan Gerindra dengan dukungan 7 kursi di DPRD BS.┬áKetua DPC PDIP BS, Barli Halim SE tidak menampik hal tersebut. Dirinya mengaku akan menyerahkan perahunya kepada pasangan dengan slogan Bumi (budiman-helmi) ini.

“Kepastiannya akhir bulan ini yakni 28 Agustus nanti,” ujarnya.

Dijelaskan Ketua DPRD BS ini, partainya mendukung pasangan Bumi lantaran ada kader yang akan maju. Sebab partainya lebih mengedepankan untuk mendukung kader. Sebab meskipun Budiman seorang birokrasi. Namun wakilnya yakni Helmi Paman merupakan kader PDIP BS. Bahkan Helmi sebelumnya duduk di DPRD BS dua periode dan terakhir duduk di DPRD Provinsi Bengkulu satu periode.

“Untuk Pilkada kali ini kita akan mengusung kader sendiri,” terangnya.

Sekretaris DPD Partai Gerindra BS, Luman Suhan SH juga mengaku partainya akan mengusung pasangan Bumi. Sehingga dengan sebelumnya diusung PDIP dengan 4 kursi di DPRD BS, maka ditambah dukungan Gerindra dengan 3 kursi di DPRD BS, jumlah dukungan pasangan ini menjadi 7 kursi sehingga melebihi batas minimal 5 kursi di DPRD BS. Pasangan ini dipastikan memenuhi syarat maju pilkada BS untuk bersaing dengan tiga pasangan lain yang sudah lebih dulu mengantongi dukungan Parpol.

“Kami Gerindra mendukung Bumi. Dukungan akan diserahkan pada detik detik terakhir sekitar 28 Agustus nanti,” ujar Luman Suhan. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*