Empat Kadis Fungsional

Bengkulu
Foto: ilustrasi/net

TUBEI,BE – Sebagai pelaks0anaan peraturan pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 dan Peraturan Daerah Kabupaten Lebong (Perda) nomor 10 tahun 2016 tentang organisasi perangkat daerah (OPD) terbaru, Bupati Lebong, H.Rosjonsyah SIP MSi Selasa, (3/1) sekitar pukul 15.00 WIB, resmi mengukuhkan, melantik dan pengambilan sumpah terhadap 509 pejabat struktural eselon II hingga eselon V di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebong. Dari beberapa jabatan yang dikukuhkan kemarin, dari 5 pejabat eselon II yang sebelumnya menjabat sebagai kepala dinas ada 4 orang dinonjobkan atau fungsional.

Dalam sambutannya, Bupati Rosjonsyah mengingatkan agar pejabat yang sudah dilantik selalu mengedepankan koordinasi dalam menjalankan program pemerintah. Khusus untuk kepada Dinas, Badan dan Kantor yang memimpin di SKPD masing-masing, diharapkan memiliki ketegasan dan jangan sampai diatur bawahan.

“Kalau ada bawahan yang suka mengatur dan tidak mengikuti perintah, lapor dengan saya. Nanti kita evaluasi,” tegas Bupati.

Selain itu, bupati juga mengigatkan kepada seluruh pejabat yang telah disumpah dan dilantik untuk melaksanakan OPD terbaru di lingkungan Pemkab Lebong, jangan menjadi pejabat yang suka menghujat bupati. Baik dibelakang maupun di media sosial.

“Jangan coba mengancam saya, saya lipat nantinya. Jika memang masih menghujat karena tidak ada jabatan, silakan pindah ke daerah lain agar dapat mengetahui bagaimana ketatnya proses diluar sana. Kalau ada pejabat yang kedapatan menghujat bupati, dengan tegas saya perintahkan Inspektorat untuk memeriksa dan terapkan PP 53 tentang indisipliner PNS,” pungkas Bupati.

Adapun keputusan Bupati Lebong nomor 821/92/BKD-2/2016 tentang pengukuhan, pelantikan dan pengambilanm sumpah jabatan pejabat struktural dilingkungan Pemkab Lebong, sebanyak 4 jabatan eselon II yang sebelumnya menjabat pada struktur organisasi lama terpaksa di fungsionalkan, lantaran pada OPD terbaru terdapat beberapa perubahan dan pengabungan. Masing-masing pejabat eselon II yang di fungsionalkan kemarin antata lain, Ir Ahmad Yon jabatan lama sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan menjadi fungsional umum pada OPD Baru Dinas Pertanian dan Perikanan. Kemudian Saipul Kalbi SP sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (B4K) menjadi fungsional umum Dinas Pertanian dan Perikanan. Selanjutnya Bambang ASB SSos sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) menjadi FungsionalĀ  pada OPD baru yakni Dinas Penanaman modal dan PTSP. Kemudian Fakhrurrozi SSos Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) menjadi Fungsional umum pada satuan Polisi Pamong Praja. Selain itu Ir. Dadang Sukomdi sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik menjadi fungsional umum Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan.

Proses pelantikan, pengukuhan dan pengambilan sumpah terhadap 509 Pejabat OPD baru di lingkungan Pemkab Lebong itu dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Lebong.
Para pejabat yang dilantik terpaksa duduk dilantai, setelah disapa langsung oleh bupati lantaran terlalu lama menunggu berdiri saat pembacaan lampiran pejabat yang dilantik sebanyak 509 dan dibaca hingga selesai. Hadir juga dalam acara tersebut, Wakil Bupati Lebong, Wawan Fernandes SH MKn, Kapolres Lebong AKBP Zainul Arifin MH, unsur dari Kejari Lebong dan undangan lainnya.

Saat berlangsungnya kegiatan, cuaca hujan dan angin kencang, namun tidak menghambat jalannya pelantikan.

Untuk diketahui, sesuai dengan Perda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang telah disahkan, terjadi perubahan kondisi jumlah jabatan atau eselonring di lingkungan jajaran pemkab Lebong. Masing-masing untuk jabatan eselon II b yang sebelumnya 28 menjadi 30, jabatan eselon III a sebelumnya 51 menjadi 52, jabatan eselon III b dari sebelumnya 85 menjadi 89, jabatan eselom IV a sebelumnya 304 menjadi 419 dan eselon IV b dari sebelumnya 108 menjadi 71. (777)