Empat Desa Dapat Embung

Siswanto S Sos MSi
Siswanto S Sos MSi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bengkulu Selatan (BS), Siswanto S Sos MSi mengatakan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan bantuan pembangunan embung di Bengkulu Selatan. Pada tahun ini ada 4 desa yang disetujui Kemendes PDTT.



“ Dari usulan kita, ada empat desa yang disetujui mendapat bantuan pembangunan embung dari Kemendes PDTT,” katanya.

Siswanto mengatakan sebelumnya Bengkulu Selatan mengusulan 9 desa sebagai lokasi pembangunan embung di Bengkulu Selatan. Akan tetapi se Indonesia hanya disetujui 150 desa saja. Sehingga di Bengkulu Selatan hanya 4 desa saja yang disetujui, yakni di Desa Lubuk Sirih Ilir kecamatan Manna, Desa Puding Kecamatan Pino, Desa Padang Jawi kecamatan Bunga Mas dan Desa Gedung Agung Kecamatan Pino. “ Setiap desa menyiapkan lokasi sekitar setengah hektar dan saat ini sedang persiapan pelaksanaan,” ujarnya.

Siswanto menambahkan, dana untuk pembangunan embung ini sebesar Rp 1,08 Miliar. Setiap Embung dengan anggaran RP 270 juta. Dengan pembangunan embung ini, diharapkan menjadi daerah serapan air pertanian warga. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah, untuk mengatasi banjir serta bisa untuk pengembangan wisata dan lokasi budidaya ikan. Adapun pembangunan akan dilakukan oleh masing-masing desa itu sendiri.

“ Tujuan utama pembangunan embung ini untuk pariwisata dan budidaya ikan, setelah dibangun nanti, Kemendes PDTT akan membantu pengelolaannya,” demikian Siswanto. (369)