Embarkasi Penuh Bakal Terwujud

HAMKA SABRI
Hamka Sabri

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Setelah dialihkannya pengelolaan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu dari Kementeriaan Perhubungan (Kemehub) ke PT Angkasa Pura II, maka pembangunan infrastruktur bandara akan dipercepat. Termasuk rencana Bengkulu menjadi embarkasih penuh juga akan segera terealisasi. Asisten I Setdaprov Bengkulu, Drs Hamka Sabri MSi mengatakan, pengelolaan bandara oleh PT Angkasa Pura II itu menjadi langkah yang tepat. Sebab, sejak Bengkulu ditetapkan menjadi provinsi, embarkasi haji masih menginduk ke embarkasi Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

“Embarkasi penuh itu sudah tidak ada masalah lagi. Tinggal lagi melengkapi syarat-syaratnya saja,” terang Hamka kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (29/8).

Untuk menjadi embarkasi penuh, maka nantinya Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu akan dilakukan perpanjangan landasan pacu. Termasuk fasilitas lain, seperti gudang penyimpangan barang jemaah yang mampu menyimpang satu kloter CJH. Untuk itu, pemprov berharap PT Angkasa Pura II segera membangun fasilitas-fasilitas pendukung tersebut. “Kalau sudah dengan Angkasa Pura, mudah-mudahan terealisasi,” tegasnya.

Selama ini, menurut Hamka, dengan belum embarkasi penuh, Bengkulu terus mengalami kesulitan dalam memberangkatkan CJH ke tanah suci. Termasuk kondisi jemaah yang harus memiliki tenaga ekstra menunggu keberangkatan saat transit ke Kota Padang. Belum lagi borosnya anggaran keberangkatan jemaah. Sebab, untuk keberangkatan dan kepulangan jemaah, pemprov setidaknya menyiapkan anggaran dari APBD sekitar Rp 7,5 miliar.

“Jelas repot kalau masih embarkasi haji antara. Boros keuangan, juga membuat jemaah jadi capek untuk sampai ke Mekkah,” ungkap Hamka.

Sementara itu, Anggota DPD RI, Riri Damayanti John Latief SPSi mengatakan, jumlah jemaah haji Bengkulu sudah cukup banyak. Tahun ini sudah berada diangka 1.647 jemaah. Untuk itu, peluang untuk embarkasi penuh menjadi sangat luas. “Syarat untuk embarkasi ini sepertinya tidak lagi terkendala. Tinggal realisasi fasilitasnya saja,” terang Riri. Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya agar pemerintah pusat melalu PT Angkasa Pura II dapat segera meralisasikan harapan masyarakat Bengkulu tersebut. Sehingga jemaah haji Bengkulu bisa aman dan tidak kelelahan lagi menuju tanah suci, Makkah. “Kita terus berupaya, agar embarkasi penuh ini terealisasi,” pungkasnya. (151)