Emas Pagi Ini Tembus Harga Juni 2010

1515053-harga-emas-780x390

Harga logam mulia sejak awal Juni 2013 terus turun. Bahkan pagi ini emas sempat menyentuh harga 125.6 per ounce, lebih rendah dari Juni 2010.

Sejak Jumat (21/6/2013) lalu, emas sudah terperosok jauh di bawah 1.300 dollar AS per troy ounce untuk kali pertama sejak September 2010. Salahsatu pemicunya karena pernyataan Federal Reserve yang akan mulai mengurangi nilai stimulusnya akhir tahun ini, termasuk menghentikan stimulus di pertengahan tahun depan.

“Pernyataan dari The Fed menjadi sinyal bahwa bullish pada harga emas sudah berakhir. Salah satu faktor yang mendongkrak pesona emas, khususnya pada 2008 lalu, adalah quantitative easing. Jika QE dikurangi atau bahkan dihentikan, hal itu bukan sinyal yang baik bagi harga emas,” papar Frederique Dubrion, President and Chief Investment Officer Blue Star Advisors SA, yang berbasis di Geneva.

Emas sudah ambles lebih dari 9 persen 2 minggu ini. “Efek pernyataan Ben S Bernanke adalah semakin perkasanya dollar AS,” ungkap Lachlan Shaw, analis di Commonwealth Bank of Australia. Menurutnya, logam mulia bernasib buruk karena daya tariknya sebagai lindung nilai menurun mengikuti prospek kebijakan baru The Fed.

Tren bearish emas diprediksi banyak pihak akan terus berlanjut.