El Clasico Sore demi Asia

el_clasico2JAM tayang utama (prime time) kickoff Primera Division biasanya pukul 9 malam waktu setempat atau pukul 3 dini hari WIB. Tapi, untuk el clasico edisi ke-256, kickoff ternyata dimainkan pukul empat sore waktu setempat atau pukul 10 malam WIB.

Kebijakan itu merupakan kesepakatan LFP sebagai otoritas pengelola Primera Division) dengan Mediapro sebagai perusahaan yang mengatur jadwal tayangan langsung televisi untuk Primera Division. LFP berhasil memaksa Mediapro untuk memberikan jam main siang atau sore kepada Barcelona atau Barca musim ini.

Mediapro yang berbasis di Kota Barcelona itu sebelumnya dianggap “menganakemaskan” Barca dengan selalu memberikan jatah main malam hari. Barca, plus Real, memang diistimewakan untuk tayangan televisi karena mendapat keuntungan hak siar yang lebih besar ketimbang 18 klub Primera Division lainnya.

“Keputusan memberikan jam kickoff lebih awal (siang atau sore) untuk el clasico adalah demi fans, khususnya Asia, termasuk memajukan jadwal tayangan langsung el clasico,” kata Presiden Mediapro Jaumes Roures kepada RAC1.

Di sisi lain, gara-gara el clasico dimainkan sore, pemain Barca pun terpaksa mengubah rutinitas mereka. Agenda yang sudah pasti dihapus adalah tidur siang. Sedangkan jam sarapan saat hari H pertandingan dimajukan alias tidak boleh melebihi pukul 9 pagi.

Itu karena rombongan Barca sudah harus meninggalkan hotel menuju Santiago Bernabeu pukul 14.30. “Rapat tim yang bisa kami lakukan dua kali setelah sesi latihan pagi dan sore hari saat hari H pertandingan, praktis juga akan menjadi satu kali,” kata asisten pelatih Barca Jordi Roura.

Kickoff empat sore sejatinya bukan yang paling awal bagi Barca di liga musim ini. Ketika Barca menjamu Getafe pada jornada ke-23 (10/2), kickoff malah dilangsungkan pukul 12 siang waktu setempat. Dan, itu adalah laga siang pertama Barca di Primera Division setelah 48 tahun terakhir. (dns/bas)