Eks Pasien RSJK Diduga, Curi Uang Masjid

RIZKY/Bengkulu Ekspress Hn sedang menghitung uang milik masjid Al Falah yang baru saja dicurinya. Aksi pelaku tersebut terekam jelas oleh CCTV yang terpasang di depan masjid.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Warga sekitaran Pasar Minggu RT 2 RW 1 Kelurahan Belakang Pondok, Kecamatan Ratu Samban, dibuat gempar. Dengan kelakuan Hn warga Penurunan yang baru saja dua hari keluar dari Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSJK) Soeprapto Bengkulu. Eks pasien RSJK ini kedapatan mencuri uang tunai di Masjid Al Falah Pasar Minggu tidak jauh dari Pasar Burung. Tidak hanya uang tunai, Hn juga mencuri handphone, jam tangan dan jaket milik Hendra (32) penjaga Masjid Al Falah, pada Jumat (22/3).

“Dia mencuri uang masjid yang baru saja dihitung sehabis Salat Jumat sama handphone, jaket dan jam tangan punya saya,” jelas Hendra, kemarin (25/3).

Terduga pelaku masuk kedalam Masjid setelah masyarakat selesai Salat Ashar atau sekitar pukul 16.30 WIB. Dia mengendap-endap kemudian masuk kedalam ruangan penjaga masjid. Didalam ruangan tersebut pelaku mengambil uang tunai milik masjid, handphone, jaket dan jam tangan.

“Kebetulan pintu tidak dikunci, karena biasanya tidak terjadi apa-apa,” imbuh Hendra.



Aksi terduga pelaku itu ketahuan saat keluar dari Masjid menggunakan jaket yang dicurinya. Dengan santai pelaku berjalan ke arah belakang masjid. Karena Hendra kenal betul dengan jaket yang digunakan pelaku, Hendra kemudian menegur pelaku. Hn mengaku jaket tersebut miliknya, dia juga mengaku tidak melakukan pencurian. Warga yang sudah berdatangan langsung mengamankan pelaku, beberapa orang warga memberikan hukuman dengan tamparan.

Setelah diamankan warga, Hn kemudian diserahkan kepada pihak kepolisian. Tetapi akhirnya dilepaskan setelah keluarga Hn menunjukkan surat keterangan bahwa Hn pasien RSJK Soperapto. “Uang dan barang sudah dikembalikan. Wajar jika masih stres ketika ditanya jawabannya tidak jelas kerja jadi perawatlah, tidak pernah mencurilah, macam-macam jawabannya. Setelah ditangkap itu dibawa ke Polsek Teluk dan dilepaskan karena ada surat keterangan dia pasien RSJK,” pungkas Hendra.(167)