Edukasi Pemilih Pemula, KPU Kota Bengkulu Gelar Sosialisasi Pilwakot

Edukasi Pemilih Pemula, KPU Kota Bengkulu Gelar Sosialisasi PilwakotBENGKULU, bengkuluekspress.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Kamis (15/03/18), menggelar sosialisasi pemilihan walikota dan wakil walikota (Pilwakot) Bengkulu 2018 pada kalangan pemilih pemula dan guru.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Grage Horizon Hotel Bengkuku ini, melibatkan 25 SMA/SMK sederajat se Kota Bengkulu dan dibagi dalam 2 sesi, sesi pagi dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, diikuti siswa perwakilan dari 13 Sekolah, dan sisanya mengikuti sesi siang yang dimulai pukul 14.00 WIB hingga petang.

Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah menuturkan, “KPU berharap dengan sosialisasi ini, para siswa dan guru yang hadir dapat menjadi agen yang bisa memberikan pemahaman kepada pemilih pemula yang lain.”

Dalam sosialisasi ini, para pemilih pemula yang hadir dibekali materi dari para komisioner KPU Kota Bengkulu, dan diakhir acara diberikan simulasi pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) yang langsung melibatkan para perwakilan siswa yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut.

Siswa pemilih pemula yang hadir diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada teman-temannya yang lain Begitupun dengan dewan guru diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih kepada siswanya yang lain agar menjadi pemilih pemula yang cerdas dan tak terpengaruh dengan money politic.”

“Kegiatan kita hari ini sosialisasi Pilkada untuk pemilih pemula. Nah kita harapkan pemilih pemula yang hadir ini dapat menjadi agen yang mampu memberikan ilmu kepada teman-temannya yang tidak hadir. Mensosialisasikan kembali apa yang telah ia peroleh hari ini. Kita ingin mereka paham tentang pentingnya pemilih dan jangan sampai mereka terpengaruh money politic,” ujar Darlinsyah.

Sementara itu, Darlinsyah pun mengungkapkan, saat ini pemilih pemula belum masuk dalam DPS, namun demikian total keseluruhan pemilih pemula ditaksir mencapai angka 5.000 hingga 10.000 pemilih pemula.

Disisi lain, salah satu peserta sosialisasi yang berasal dari SMAN 6 Kota Bengkulu Sinur Parwati mengaku, sosialisasi yang diikutinya ini sangat berguna, terlebih pada saat simulasi yang melibatkan teman-temannya secara langsung sangat membantu bagi mereka yang awalnya sama sekali tak mengerti bagaimana tahapan di TPS nantinya.

“Banyak yang kita dapat, terutama soal proses milih di TPS, terus tadi juga dipaparkan materi, disinggung juga soal politik uang. Ya intinya kegiatan sosialisasi ini sangat bergunalah untuk kita,” ujarnya. (ibe)