E-Monev Diluncurkan

website
Foto : IST

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Tingkatkan monitoring, evaluasi serta mampu melakukan pengendalian dan pelaporan pembangunan secara online, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong gunakan aplikasi berbasis website atau biasa di kenal dengan e-Monev.  Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Lebong, Joni Prawinata Msi mengatakan, jika tidak ada halangan, aplikasi atau sistem e-Monev akan diluncurkan atau akan dimulai pengoprasiannya, besok (01/08).

“Itu telah kita jadwalkan, dimana peluncuran sendiri bersamaan dengan kegiatan rapat tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) semester I 2018,” jelasnya, kemarin (30/07).

Dimana dalam pelaksanaan penggunaan e-Monev, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diwajibkan melakukan pengisian progres realisasi masing-masing kegiatan yang dilaksanakan oleh mereka yang dananya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sehingga dapat diketahui apa saja kegiatan yang telah, baru atau belum berjalan selama ini. “Setelah kegiatan telah dimasukan, akan bisa cepat apa yang akan dilakukan selanjutnya,” sampainya.

Selain itu, masing-masing OPD juga diminta agar bisa mempersiapkan seorang operator yang nantinya akan diberikan pelatihan dari tim yang didatangkan dari Provinsi Gurontalo yang sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman dalam pelaksanaan e-Monev di Kabupaten Lebong.



“Nanti operator khusus melakukan tugas dalam melakukan penginputan progres kegiatan dalam distem e-Monev masing-masing OPD,” ucapnya.

Untuk awal pelaksanaan e-Monev, Pemkab Lebong memfokuskasan pelaksanaan yang menggunakan APBD Lebong. Selanjutnya dana Tugas Pembantuan (TP) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) serta APBDes. Namun APBN dan APBDes, belum terlalu di fokuskan untuk tahap awal peluncuran E-Monev di Kabupaten Lebong tahun 2018 ini. “Kalau untuk sistem e-Monev desa kemungkinan akan kita laksanakan di tahun 2019 mendatang,” tuturnya.

Jika semua ini bisa berjalan dengan baik dan benar, Joni menegaskan, bahwa nantinya baru Kabupaten Lebong yang menerapkan sistem e-Monev yang melakukan pengawasan dan pengendalian penggunaan dana dari APBD secara online dan dapat dilihat oleh semua pihak. “Karena sepengetahuan saya baru Lebong yang akan melaksanakannya,” tutup Joni.(614)