DWP Lebong Ajak Tanam Sayuran di Pekarangan Rumah


ERICK/BE
Lihat: Ibu DWP Lebong, Hj Nelawati Mustarani SP MM didampingi Sekda Lebong, H Mustarani Abidin SH MSI ketika melihat cara penanaman serta pembuatan pupuk dalam menanam sayur mayur.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan menambah penghasilan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lebong, mengajak seluruh masyarakat Lebong, terutama para ibu-ibu untuk memanfaatkan lingkungan perkarangan rumah dengan menanam sayuran.
Hal tersebut disampaikan oleh ketua DWP Kabupaten Lebong, Hj Nelawati Mustarani SP MM dalam acara partisipasi perempuan dalam bela negara melalui kampanye penguatan ketahanan pangan lokal yang dilaksanakan di kawasan taman Smarat City Karang Nio, Jumat (02/10).
“Dengan kondisi ekonomi yang sulit saat ini, kita harus bisa mengantisipasinya dan minimal membantu keluarga, salah satunya dengan menanam sayur mayur,” sampainya, Sabtu (02/10).

Nantinya para ibu-ibu menanam sayur mayur di pekarangan rumah, maka bisa dipastikan akan membantu ekonomi keluarga atau meminimalisir pengeluaran keuangan keluarga. Selain itu, dengan menanam sayuran, maka dapat menjamin kesehatan dari apa yang dikonsumsi.
“Karena tidak dipungkiri, banyak saat ini sayur mayur yang memakai pupuk yang berlebihan dan mengancam kesehatan,” ucapnya.

Menurutnya, dalam membantu para ibu-ibu agar mau menanam sayuran di pekarangan rumah, nanti pihaknya melalui kecamatan akan membagikan beberapa jenis bibit sayur mayur. Seperti tomat, kacang, terong, cabe serta beberapa jenis sayuran lainnya.
“Bibit sendiri kita dapatkan bantuan dari salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur,” tuturnya.

Dimana dalam penanamannya nanti, untuk media tanam bisa dilakukan dengan cara menanam langsung di lahan yang ada ataupun bisa menggunakan polibag. Dimana untuk cara penanaman ataupun pemberian pupuk juga telah disampaikan pihak kecamatan kepada warganya.
“Karena kita hanya menyediakan bibit, sementara untuk perlengkapan lainnya oleh masing-masing warga,” tutupnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi sangat menyambut baik apa yang akan dilakukan oleh DWP Lebong yang ingin membantu agar ketahanan pangan di Kabupaten Lebong bisa terjamin.
“Kita sangat mengapresiasi apa yang digagas ibu-ibu DWP kita,” ujarnya.

Apalagi program yang digagas oleh para ibu-ibu DWP, merupakan salah satu bentuk dukungan dari pemerintah pusat dalam ketahanan pangan yang dikomandoi oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan.
“Ini menunjukan kepekaan para ibu-ibu dalam mendukung program pemerintah pusat,” ucapnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*