Dukung Wujudkan Tanam dan Panen 2 Kali Setahun

ERICK/Bengkulu Ekspress
PANEN : PT PGE Hulu Lais bersama Poktan ketika melaksanakan tanam dan panen padi tahap ke 2.

PT PGE Hulu Lias Gandeng Poktan

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Dukung program pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebong yang ingin menjadikan lebong bisa melaksankan tanam dan panen padi 2 kali dalam 1 tahun, PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Hulu Lais, gandeng Kelompok Tani (Poktan) yang dijadikan sebagai deplot.

Untuk mewujudkan dukungan terhadap Pemkab Lebong, untuk ke 2 kalinya PT PGE Hulu Lias melaksanakan panen raya di musim tanam dan panen tahun 2019. Sebelumnya ditahun 2019 yang lalu telah dilaksanakan panen raya pertama dengan menggandeng Poktan sawah Sam Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan.

Sementara untuk musim tanam dan panen ke 2 priode tahun 2019 dilakukan di Desa Danau Liang Kecamatan Lebong Tengah (berada di ring 1 samping sumur closter D) dengan menggandeng Poktan Geo Tani Makmur. Panen raya ke 2 sendiri selain diikuti oleh pihak PT PGE Hulu Lais dan poktan Geo tani Makmur, juka hadir dari pihak Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas ketahanan Pangan serta berbagai unsur lainnya. Panen raya sendiri dilaksanakan kemarin (09/01).

Senior Supervisor General Suporter (SSGS) PT PGE Hulu Lais, Anshoruddin, mengatkan bahwa kegiatan sendiri merupakan salah satu langkah peduli dari PT PGE Hulu Lias terhadap lingkungan yang berada di ring 1 wilayah kerja perusahaan, salah satunya menggandeng Poktan yang membidangani masalah pertanian.“Apalagi program Pemkab Lebong untuk melaksankan tanam dan panen padi 2 kali dalam 1 tahun dan ini salah satu upaya kita untuk mendukungnya,” jelasnya, kemarin (09/01).

Untuk melaksanakan program tanam dan panen padi sendiri pihaknya bekerjasama dnegan flipmas wilayah Bengkulu dengan poktan yang ada. Dimana dengan menggandeng Poktan, pihaknya berharap dapat diikuti oleh poktan-poktan yang ada.“Ini panen untuk yang kedua kalinya, setelah panen ini lahan kembali akan ditanam padi bersamaan dengan musim tanam di tahun 2020 ini,” sampainya.

Memang untuk saat ini sasaran yang dijadikan sebagai percontohan dari program, PT PGE Hulu Lais masih menitik beratkan melibatkan poktan atau masyarakat yang ada di wilayah sekitar perusahaan. Hal ini dikarenakan PT PGE Hulu Lias masih dalam tahap proyek dan belum produksi. “Mudah-mudahan setalah nantinya menjadi area, jangkauan akan bisa kembali luas lagi,” ucapnya

Terpisah, ketua Poktan Geo Tani Makmur, rasali mengatakan bahwa untuk luas lahan yang masuk kedalam Poktan lebih kurang 11,3 hektar. Setelah adanya ajakan dari PT PGE Hulu Lais, pihakny amencoba untuk engikuti, apalagi ini adalah salah satu wujud kepedulian perusahaan dalam mendukung program Pemkab Lebong.“Untuk itulah kami sangat bersemangat untuk mewujdukan program Pemkab Lebong,” tuturnya.

Dalam hal ini juga, dirinya mewakili dari Poktan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari pihak Pt PGE Hulu Lais yang telah menggandeng mereka dalam mendukung program Pemkab Lebong, dimana hasil panen padi dalam program ini sangatlah mengggembirakan kami.“Kami bersyukur poktan kami ditunjuk untuk menjalankan program pertanian,” sampainya.

Sementara itu, kepala Disperkan Kabupaten Lebong Emiwati SE MAk, berharap sinergitas antara pemkab Lebong dengan PY PGE Hulu Lais yang mendukung program tanam dan panen minimal 2 kali dalam 1 tahun, akan terus berjalan.“karena apa yang dilakukan oleh PT PGE hulu Lias merupakan wujud kepedulian dan komitmen kita bersama,” singkatnya.(614)