Dukung Wisata Rejang Lebong ,PPBI Gelar Pameran Bonsai

bonsaiCURUP, Bengkulu Ekspress – Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Rejang Lebong kembali menggelar pameran dan kontes bonsai. Namun pameran yang digelar kali ini cakupannya lebih luas, karena pesertanya bukan hanya dari Rejang Lebong, namun juga beberapa daerah luar Bengkulu.

“Hingga saat ini sudah 10 daerah yang sudah mengkonfirmasi kehadirannya,” terang Ketua PPBI Rejang Lebong, Azhari saat ditemu disela-sela persiapan pameran dan kontes Bonsai Minggu (29/4) kemarin.

Beberapa daerah yang sudah mengkonfirmasi kehadiran tersebut, seperti dari Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung dan beberapa daerah yang ada di Provinsi Bengkulu.

Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Rejang Lebong tersebut akan dilaksanakan hingga tanggal 6 Mei mendatang. Dimana hingga hari ini sampai Selasa dini hari besok masih proses pendaftaran. Kemudian untuk tanggal 1 dan 2 akan dilaksanakan penilaian untuk bonsai yang dipamerkan dan dikonteskan dalam kegiatan tersebut, kemudian pada tanggal 3 masih dilaksanakan penilaian sekaligus pembukaan yang rencananya akan dilakukan langsung oleh Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi.

“Saat masih tahap penilaian khususnya tanggal 1 dan 2 pameran dan kontes bonsai ini masih tertutup untuk umum,” tambah Azhari.

Namun pada tanggal 4 Mei mendatang, pameran bonsai tersebut akan dibuka untuk umum, oleh karena itu bagi masyarakat Rejang Lebong yang memiliki hobi memiliki atau hanya melihat sejumlah tanaman yang dibuat kerdil tersebut untuk mendatangi halaman kantor Bupati Rejang Lebong. Bahkan menurut Azhari bila nanti ada masyarakat yang berminat untuk mengkoleksi bonsai-bonsai yang dipamerkan tersebut bisa langsung dibeli kepada pemiliknya. Untuk harga sendiri, menurut Azhari bervariasi mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 200 juta.

“Kalau ada yang mau beli nanti bisa, dengan syarakat baru boleh diambil pada tanggal 6 saat penutupan pameran bonsai ini,” papar Azhari.

Sementara itu, untuk para pemenang Azhari mengaku panitia sudah menyiapkan sertifikat yang ditanda-tangani oleh juri-juri ternama, selain itu pemenang kontes juga akan mendapat uang pembinaan. Dijelaskan Azhari, dalam kontes bonsai ini yang diburu para peserta bukan uang pembinaannya, melainkan sertifikat dari dewan juri, karena sertifikat dewan juri tersebut akan meningkatkan nilai jual dari koleksi bonsai yang mereka miliki.

Disisi lain, terkait dengan pelaksanaan pameran bonsai sendiri, menurut Azhari selain untuk menyalurkan hobi para pencinta bonsai di Kabupaten Rejang Lebong, juga untuk mendukung program Rejang Lebong wisata yang diusung pemerintahan saat ini.

Karena menurut Azhari dengan adanya kegiatan yang mereka laksanakan tersebut akan banyak yang datang ke Rejang Lebong khususnya dari luar-luar daerah, mereka nanti bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada di Rejang Lebong, kemudian potensi wisata yang ada di Rejang Lebong tersebut mereka sampaikan kepada teman atau keluarga mereka sehingga diharapkan mereka bisa datang lagi ke Rejang Lebong ini.

“Kegiatan ini selain untuk menyalurkan hobi pecinta bonsai, juga diharapkan bisa mendukug program wisata dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong,” demikian Azhari.(251)