Dukung Penanganan Covid-19, Pertamina Donor Plasma Konvalesen

Foto IST/ BE – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel melakukan donor plasma konvalesen di di halaman parkir Gd. Meditran Kantor Pertamina Region Sumbagsel, Rabu (18/8).

Palembang, bengkuluekspress.com – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel melakukan donor plasma konvalesen di di halaman parkir Gd. Meditran Kantor Pertamina Region Sumbagsel, Rabu (18/8). Kegiatan lanjutan itu sebagai bentuk kepedulian sosial di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda di Tanah Air.

Area Manager Medical MOR II, dr. Maharani menjelaskan bahwa kegiatan yang diinisiasi oleh Medical Pertamina Regional Sumbagsel ini telah beberapa kali dilakukan dengan bekerjasama dengan PMI Kota Palembang.

“Transfusi Plasma Konvalesen yang dilakukan Perwira Pertamina Sumbagsel ini sebagai upaya peningkatan angka kesembuhan dari pasien Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan, Donor Plasma Konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Namun, lanjutnya syarat menjadi donor plasma konvalesen antara lain sudah sembuh dari Covid-19, usia 18 – 60 tahun, berat badan minimal 55 Kg, diutamakan pria. Apabila perempuan belum pernah hamil, negatif Covid-19 serta bebas keluhan minimal 14 hari dan maksimal 3 bulan, tidak menerima transfusi darah selama 6 bulan terakhir dan lebih diutamakan yang pernah mendonorkan darah.

“Para Perwira Pertamina yang telah memenuhi syarat akan dilakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel darah, jika memenuhi syarat, pengambilan donor plasma konvalesen akan dilakukan dengan metode apheresis,” ungkapnya.

Ia menambahkan, terdapat 19 orang Perwira Pertamina pendaftar yang terdiri dari 17 orang pria dan 2 wanita. Sementara itu, yang lolos tahap penapisan/ screening yaitu 12 orang.

“Seluruh peserta yang lolos tahap penapisan memiliki titter/ kadar antibodi yang cukup sehingga bisa lanjut ke tahap donor plasma,” pungkasnya.

Ia menambahkan, kegiatan donor plasma konvalesen kali ini merupakan kegiatan donor plasma yang ke-2 yang dilaksanakan Pertamina Regional Sumbagsel di tahun 2021.

“Selain kegiatan donor plasma juga dilaksanakan kegiatan donor darah yang di ikuti 103 peserta dan pemeriksaan screening HIV dengan peserta sebesar 100 orang,” tutupnya. (HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*