Dukcapil Sambangi Sekolah

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Adnan Kasidi, SE.
Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Adnan Kasidi, SE.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Mengejar target 100 persen perekaman data kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) gencar melakukan pendataan keliling, tak terkecuali mendatangi seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Benteng.

“Pada tahun 2018 ini, kita akan gencarkan perekaman data kependudukan di sekolah-sekolah. Hal ini perlu dilakukan, terlebih lagi akan ada pemilihan umum (Pemilu) pada tahun 2019 mendatang,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng, A. Ansyori, SH, MM, melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Adnan Kasidi, SE.

Pihaknya menargetkan sebanyak 2 ribu hingga 3 ribu pelajar yang sudah wajib memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) sudah melakukan perekaman tahun ini.

“Target tahun ini, sekitar 3 ribu pelajar sudah memiliki KTP-el,” imbuhnya.

Secara teknis, jelas Adnan, pihaknya akan menjadwalkan tahapan perekaman di sejumlah sekolah. Kemudian akan diberitahukan kepada pihak sekolah. Termasuk dengan tim yang akan turun ke sekolah untuk melakukan perekaman.

“Jika tahun lalu di desa, pada tahun ini kita pusatkan di sekolah-sekolah. Namun tidak mengesampingkan masyarakat lainnya yang belum memilik KTP-El,” tukasnya.

Adnan menyampaikan, tahun lalu sudah berhasil melakukan perekaman sebanyak 98 persen dari jumlah wajib KTP-el, yakni sebanyak 82 ribu jiwa. Adapun kendala yang sampai saat ini menjadi penghalang adalah terhambatnya jaringan sehingga memperlambat pengiriman data dari Dukcapil Kabupaten Benteng ke pusat.

“Karena data perekaman belum terkirim ke pusat, KTP-el belum bisa dicetak. Kami harap, masyarakat bisa bersabar dengan kondisi yang terjadi saat ini,” imbaunya. (135)